Bioteknologi Di Bidang Lingkungan

Bioteknologi Di Bidang Lingkungan

Aplikasi bioteknologi di bidang lingkungan. Setiap aplikasi bioteknologi lingkungan memiliki ciri-ciri khusus tersendiri yang harus dipahami kita. Ilmu-ilmu pengetahuan yang terlibat kedalam kajian bioteknologi lingkungan beberapa di antaranya adalah dasar-dasar taksonomi makhluk hidup dasar-dasar mikrobiologi lingkungan metabolisma genetika dan ekologi mikrobial stokiometri dan.

Bioteknologi biru merupakan aplikasi bioteknologi di bidang kelautan yang mengendalikan proses-proses yang terjadi di lingkungan akuatik. Sedangkan bioteknologi lingkungan merupakan aplikasi bioteknologi di bidang lingkungan.

Namun dalam makalah ini penulis akan membahas tentang bagaimana aplikasi bioteknelogi dibidang lingkungan. Selain pencemaran lingkungan bioteknologi juga dapat digunakan sebagai biokontrol dan sebagai biofertilizer untuk meningkatkan kesuburan tanah di lingkungan pertanian.

Secara garis besar pemanfaatan organisme sebagai agen bioteknologi dalam bidang lingkungan dikenal dengan beberapa peran berikut ini peran dan contoh bioteknologi dalam bidang. Salah satu aplikasi bioteknologi di bidang pelestarian lingkungan adalah pengembangan teknologi bioremediasi dan rekayasa genetika dengan memanfaatkan agen biologi berupa tumbuhan dan mikroorganisme.

Bioremediasi merupakan proses pembersihan lingkungan tercemar dengan memanfaatkan mirkoorganisme untuk menghilangkan dan mendegradasi zat-zat. Pemanfaatan Bioteknologi bagi kehidupan manusia dintaranya digunakan dalam bidang.

Pertanian Kesehatan Lingkungan Peternakan Bioteknologi lingkungan adalah bioteknologi yang penggunaannya banyak melibatkan mikroorganisme untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup manusia dan alam sekitarnya. Aplikasi Bioteknologi Modern - Pengertian Genetika kedokteran pertanian.

Pemanfaatan prinsip ilmiah yang menggunakan makhluk hidup untuk menghasilkan produk. Di bidang lingkungan mikroba telah menjadi bahasan penting dan banyak lagi di bidang-bidang lainnya.

Berikut ini beberapa aplikasi bioteknologi 1. Fertilisasi in vitro 2.

Teknik kultur jaringan 3. Teknologi transgenik Aplikasi biotenologi di bidang lingkungan dan pertanian berturut-turut adalah a.

1 dan 2 b. 1 dan 3 c.

2 dan 3 d. 3 dan 4 e.

Berikut adalah beberapa dampak bioteknologi terhadap lingkungan yang memberikan dampak positif maupun negatif. Mempermudah pengolahan Bioteknologi termasuk ilmu dalam bidang teknologi pangan yaitu dapat digunakan untuk mempermudah pembuatan keju roti bir dan lain lain.

Cara ini ternyata sudah dilakukaan sejak abad 19. Bioteknologi Bidang Industri PertambanganYaitu penerapan dan pengembangan bioteknologi dalam bidang industry pertambangan.

Thiobacillus ferrooxidans merupakan bakteri khemolitotrof atau juga merupakan bakteri pemakan batuan yang tumbuh subur di lingkungan yang bersifat asam. Demikianlah penjelasan singkat mengenai contoh penerapan bioteknologi di bidang farmasi kedokteran industri pencemaran lingkungan dan pertambangan.

Semoga contoh bioteknologi yang dijelaskan di atas menambah wawasan kita mengenai contoh bioteknologi kedokteran farmasi pertambangan industri dan pencemaran lingkungan. Masalah pelik mengenai terjadinya pemanasan global menjadi perhatian khusus bagi negara-negara di dunia.

Aplikasi bioteknologi dalam bidang pertanian dapat membantu dalam percepatan produksi benih perbaikan sifat-sifat tanaman hingga menghasilkan jenis tanaman baru. Jaringan atau organ yang ditanam dalam media tumbuh dalam kondisi lingkungan yang aseptis sehingga tumbuh menjadi tanamah utuh.

Media tumbuh yang digunakan pada kultur jaringan. Bioteknologi industri adalah aplikasi bioteknologi untuk memenuhi tujuan aktivitas industri termasuk manufaktur bioenergi dan biomaterialJuga mencakup penggunaan sel dan komponen sel seperti organel dan enzim untuk menghasilkan produk.

Bioteknologi mampu mempengaruhi berbagai industri kimia karena banyak produknya mampu dihasilkan secara efisien dengan bioteknologi. Aplikasi Bioteknologi Bidang Kehutanan.

1propagasi klon dari genotip terpilih. Propagasi klonal invitro dikenal dengan istilah mikropropagasi.

Propagasi klonal adalah multiplikasi dari individu gen identik melalui reproduksi aseksual sedangkan klon itu sendiri adalah satu populasi tanaman derivat turunan dari satu individu tunggal yang dihasilkan melalui reproduksi aseksualBerikut ini. Bioteknologi secara sederhana sudah dikenal oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu.

Sebagai contoh di bidang teknologi pangan adalah pembuatan bir roti maupun keju yang sudah dikenal sejak abad ke-19 pemuliaan tanaman untuk menghasilkan varietas-varietas baru di bidang pertanian serta pemuliaan dan reproduksi hewan. Bioteknologi modern banyak diaplikasikan di bidang pertanian dan juga peternakan dengan memanfaatkan teknik DNA rekombinan.

Teknik DNA rekombinan bertujuan untuk memperoleh bibit unggul. Prosesnya dengan cara memindahkan gen unggul dari satu organisme ke organisme lainnya melalui perantara mikroorganisme yang ada di alam.

Aplikasi ini dapat dilihat dalam proses pembuatan DNA rekombinan. Pemuliaan tanaman dalam menghasilkan varietas-varietas baru pada bidang pertanian dan juga pemuliaan reproduksi hewan.

Pada bidang medis penerapan bioteknologi di jaman dulu diperlihatkan antara lain seperti penemuan-penemuan baru yaitu vaksin antibiotik dan insulin walaupun pada jumlah yang terbatas akibat proses saat fermentasi yang tidak baik atau tidak sempurna. Awalnya bioteknologi hanya digunakan di bidang pertanian tetapi seiring waktu juga untuk menemukan berbagai teknologi baru terutama bioteknologi yang juga telah berkembang di banyak bidang.

Bioteknologi konvensional menghasilkan produk berdasarkan peran organisme sebagai bentuk atau pengubah nutrisi selama proses fermentasi. Sehingga limbah perlu mendapatkan penanganan khusus agar tidak mencemari semua lingkungan.

Dampak di Bidang Sosial Ekonomi. Dengan menggunakan bioteknologi pada bidang pertanian dan peternakan akan menyebabkan tergesernya petani kecil yang mengandalkan hidupnya dengan bercocok tanam pada semua jenis tanaman tradisional.

Bioteknologi hijau green biotechnology Green Biotechnology yang mempelajari aplikasi di bidang pertanian dan peternakan. Di bidang pertanian cabang ilmu ini telah berperan dalam menghasilkan tanaman tahan hama bahan pangan dengan kandungan gizi lebih tinggi dan tanaman yang menghasilkan obat atau senyawa yang bermanfaat.

www.slideshare.net