Diabetes Melitus Tipe 2 Jurnal Fakultas Kedokteran Universitas

Diabetes Melitus Tipe 2 Jurnal Fakultas Kedokteran Universitas

Artikel diabetes melitus tipe 2. DIABETES MELITUS TIPE 2. Medical Faculty Lampung University.

Type 2 Diabetes Mellitus is a metabolic disorder that is marked by the rise in blood sugar due to a decrease in. Insulin secretion by pancreatic beta cells and insulin function ordisorder insulin resistance.

Type 2 diabetes is also called type 2 diabetes mellitus and adult-onset diabetes. Thats because it used to start almost always in middle- and late-adulthood.

However more and more children and teens are developing this condition. Type 2 diabetes is much more common than type 1 diabetes and is really a different disease.

Nine out of 10 people with diabetes have Type 2. This type occurs most often in people who are over 40 years old but can occur even in childhood if there are risk factors present.

Type 2 diabetes may sometimes be controlled with a combination of diet weight management and exercise. However treatment also may include oral glucose-lowering medications taken by mouth or insulin injections shots.

Type 2 diabetes is often milder than type 1. But it can still cause major health complications especially in the tiny blood vessels in your kidneys nerves and eyes.

Type 2 also raises your risk. Pengertian Apa itu diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 adalah jenis diabetes melitus yang menyebabkan kadar gula darah tinggi akibat pola hidup yang tidak sehat. Penyakit ini disebut juga sebagai adult-onset diabetes karena biasanya menyerang orang dewasa atau lansia.

Namun tidak menutup kemungkinan jika penyakit ini bisa menyerang orang usua muda karena berbagai macam faktor yang meningkatkan. Gejala Faktor Risiko DM Tipe 2.

Gejala diabetes melitus tipe 2 sering berkembang selama beberapa tahun dan dapat berlangsung lama tanpa diketahui kadang-kadang tidak ada gejala diabetes yang terlihat. Karena gejalanya sulit dikenali penting untuk mengetahui faktor-faktor risiko diabetes melitus tipe 2 dan mengunjungi dokter Anda untuk diperiksa tingkat kadar gula darahnya.

Diabetes melitus tipe 2 disebabkan karena kekurangan insulin dimana tubuh tidak menghasilkan insulin dalam jumlah yang cukup atau insulin yang dihasilkan tidak dapat bekerja secara memadai. Hal ini menyebabkan tubuh memiliki masalah dalam mengubah karbohidrat menjadi energi sehingga terjadi peningkatan kadar glukosa dalam darah.

Prognosis diabetes melitus tipe 2 Ini merupakan penyakit kronis sehingga ada kemungkinan hal itu menyebabkan komplikasi akut seperti koma ketoasidosis hiperosmolaritas dan asidosis laktat. Ciri diabetes utamanya adalah memiliki konsekuensi negatif jangka panjang komplikasi kronis pada organ target tertentu.

Diabetes mellitus tipe II adalah penyakit hiperglikemia akibat insensitivitas sel terhadap insulin. Kadar insulin mungkin sedikit menurun atau berada dalam rentang normal.

Karena insulin tetap dihasilkan oleh sel-sel beta pancreas maka diabetes mellitus tipe II dianggap sebagai noninsulin dependent diabetes mellitus NIDDM. Diabetes tipe 2 lebih banyak terjadi pada orang dewasa dan lansia.

Namun kini diabetes tipe 2 juga mulai banyak ditemukan pada anak-anak dan remaja. Pasien diabetes tipe 2 dapat merasakan berbagai gejala beberapa di antaranya adalah timbulnya bagian tubuh yang menghitam luka sulit sembuh hingga penglihatan kabur.

Penyakit diabetes baik diabetes tipe 1 maupun tipe 2 tidak boleh diabaikan dan perlu ditangani dengan tepat. Jika tidak akan muncul beragam komplikasi yang bisa berakibat fatal.

Oleh karena itu bila Anda mengalami gejala-gejala diabetes atau memiliki risiko untuk terkena diabetes sebaiknya periksakan diri ke dokter. Berdasarkan ketiga kondisi penyebabnya tersebut dijelaskan dalam studi Introduction to Diabetes Melitus terdapat beberapa jenis penyakit diabetes yang umum dialami yaitu.

Diabetes tipe 1 adalah gangguan autoimun yang menyebabkan kerusakan sel-sel yang memproduksi hormon insulin di dalam pankreas. Akibatnya tubuh kekurangan insulin.

Diabetes tipe 2 sebelumnya lebih sering terjadi pada orang dewasa. Namun sekarang penyakit ini juga kerap ditemukan pada anak-anak akibat kegemukan.

Higga saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan diabetes tipe 2. Tetapi perubahan gaya hidup danatau mengkonsumsi obat-obatan dapat membantu penderita untuk mengendalikan kadar gula darahnya.

Materi Khusus Penyakit Gula Tipe 2 - Panduan praktis bagi penderita diabetes tipe 2 untuk sembuh dan hidup lebih sehat. Diabetes Melitus atau biasa disebut penyakit kencing manis adalah penyakit kronis yang akan dialami seumur hidup oleh penderita.

Ada 3 jenis tipe diabetes yaitu tipe 1 diabetes tipe 2 dan tipe gestasional. Tipe 1 diabetes adalah penyakit autoimun dan bersifat genetik.

Sementara diabetes tipe 2 disebut juga penyakit gaya hidup dan mewakili sekitar 95 dari semua kasus diabetes yang ada. Perbedaan DM tipe 1 dan 2 perlu Anda ketahui untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Perbedaan DM tipe 1 dan 2 yang cukup mencolok adalah penyebabnya. Diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun.

Sementara itu diabetes tipe 2 adalah penyakit yang disebabkan oleh banyak faktor. Diabetes Melitus Tipe 2.

Diabetes Melitus Tipe 2 Sebelumnya saya telah membuat artikel mengenai Diabetes Melitus Tipe 1 nah sekarang saya akan menjelaskan mengenai diabetes melitus tipe 2 yang meliputi pengertian diabetes melitus tipe 2 penyebabnya dan cara mengobatinya. Mari kita simak artikel mengenai diabetes melitus dengan seksama.

Penjelasan Mengenai Diabetes Melitus Tipe 2. Diabetes Melitus DM tipe 2 atau Non-Insulin-Dependent Diabetes Mellitus NIDDM menyumbang sebagian besar kasus diabetes mellitus di seluruh dunia.

DM tipe 2 adalah penyebab kematian keempat atau kelima di sebagian besar negara maju dan berkembang. Dalam beberapa dekade terakhir peningkatan prevalensi dan kejadian DM tipe 2 telah banyak.

Kencing manis secara umum terbagi 4 yakni tipe 1 tipe 2 pra-diabetes dan gestasional. Berikut ini merupakan pembahasan mengenai keempat tipe diabetes yang dimaksud.

Diabetes Mellitus Kencing Manis Tipe 1. Penyakit ini dibagi menjadi 2 jenis.

Jenis kencing manis pertama adalah tipe satu.

studylibid.com