Nasionalisme Di Era Globalisasi

Nasionalisme Di Era Globalisasi

Artikel nasionalisme di era globalisasi. Saat ini di tengah bergulirnya era globalisasi pemuda merupakan sosok yang sangat menentukan eksistensi dan kemajuan suatu bangsa. Semangat nasionalisme yang tinggi dari generasi muda akan menuntun sikap dan perilaku yang positif bagi bangsa dan negara sehingga Indonesia tidak dipandang sebelah mata dan dapat menjadi sejajar dengan bangsa-bangsa lain.

MEMBANGUN KEMBALI SIKAP NASIONALISME BANGSA INDONESIA DALAM MENANGKAL BUDAYA ASING DI ERA GLOBALISASI M. HusinAffan1 Hafidh Maksum2 1 D osen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar P GSD FKIP Unsyiah 2 Dosen Serambi Mekkah ABSTRAK Nilai kebudayaan yang menjadi karakteristik bangsa Indonesia seperti gotong.

Menghadapi era globalisasi bangsa Indonesia tidak boleh menganut paham post-nasionalisme bagaimana-pun kuatnya arus interdependensi yang terjadi. Untuk mengahadapi dunia luar Indonesia harus selalu membina dan mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa.

Sebagai contoh kecil para remaja di era globalisasi ini cenderung lebih mengikuti fashion atau trend dari budaya baratHal ini mungkin tidak mengurangi rasa kecintaan terhadap budaya serta bangsa Indonesia akan tetapi sebaiknya sebagai pemuda dan penerus bangsa alangkah baiknya para pemuda Indonesia ikut berperan untuk melestarikan dan menjaga kebudayaan dari negaranya sendiri. NASIONALISME DI ERA GLOBALISASI Dalam masa globalisasi sekarang ini banyak berkembangnya teknologi informasi telah mengakibatnya terkikisnya hubungan antara negara baik ekonomi maupun budaya.

Kita ketahui sekrang banyak sifat nasionalisme di Indonesia telah mulai luntur akibat dari tantangan-tantangan dari efek globalisasi. Nasionalisme Era Globalisasi.

30 Januari 2018 20. Namun banyak juga generasi muda yang memanfaatkan era globalisasi ini untuk mengembangkat bakat mereka.

Misalnya dengan masuknya teknologi-teknologi canggih di Indonesia di manfaatkan oleh beberapa generasi muda untuk melakukan penelitian melakukan hal-hal positif dan masih banyak lagi. Nasionalisme vs Globalisasi Hilangnya Semangat Kebangsaan DIMENSIA Volume I No.

1 Maret 2007 3 negaranya. Kondisi demikian sudah mewabah hampir disemua kota-kota besar di asia pada umumnya dan di Indonesia pada khususnya Hal ini salah satunya disebabkan karena semakin terbukanya informasi pengaruh kapitalis globalisasi ketidakmampuan.

SHUTTERSTOCK DI era Indonesia modern yang ditandai dengan derasnya arus globalisasi dan kemajuan teknologi yang dirayakan secara gegap gempita Indonesia menghadapi tantangan besar dalam hal kesadaran berbangsa dan bernegara. Berbeda dengan generasi muda masa lalu generasi muda hari ini hidup pada era globalisasi.

Era yang dimulai sejak awal tahun 1980-an ini telah banyak mengubah berbagai bidang dan aspek kehidupan manusia misalnya di bidang politik sosial ekonomi agama dan teknologi. Secara umum era globalisasi adalah proses mengglobal atau mendunia.

Artikel Terbaru nasionalisme - laporan kkn covid 19 proker kkn covid program kkn covid program kerja kkn covid kkn di desa. Malang -- Di era globalisasi ini budaya dan unsur baru bermunculan dalam kehidupan masyarakat sebagai wujud perubahan zaman yang semakin maju.

Artikel Terbaru globalisasi. Pengenalan Lagu Indonesia Raya Sejak Dini sebagai Tameng Isu-isu Kewarganeraan terhadap Identitas Nasional di Tengah Globalisasi.

Malang -- Di era globalisasi ini budaya dan unsur baru bermunculan dalam kehidupan masyarakat sebagai wujud perubahan zaman yang semakin maju. Kondisi nasionalisme di era globalisasi ini menghadapi tantangan yang luar biasa.

Konflik sosial yang dilatarbelakangi perbedaan etnis dan agama yang sudah hampir satu abad ini kita kesampingkan kembali marak. Syak wasangka yang diakibatkan oleh hoax dan ujaran kebencian yang marak di media sosial menjadi santapan sehari-hari.

Maka tampaklah bahwa nasionalisme Indonesia berada dalam dua himpitan besar yang saling tarik menarik dengan kuat yaitu globalisasi dan etnonasionalisasi. Di tengah himpitan dan ketegangan tarik-menarik ini mau tak mau konsep nasionalisme harus dirumuskan ulang.

Dalam kaitan itu AM. Hendro Priyono mengatakan bahwa di era globalisasi Negara-negara yang mengembangkan proses demokrasi akan mendapatkan tantangan yang sangat hebat terutama terorisme yang menyalahgunakan kesucian agama 2007.

Ledakan bom di 3 tiga gereja di Surabaya pada Minggu 13 Mei 2018 menjadi bukti untuk ke sekian kalinya. Relevansi nasionalisme dalam kaitannya dengan era globalisasi 3.

Memuat deskripsi tentang rancangan kegiatan menumbuhkan rasa nasionalisme di kalangan generasi muda 4. Referensi Era globalisasi yang ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya teknologi komunikasi dan informasi akan dengan cepat membawa pengaruh bagi.

Globalisasi Di Bidang Politik Pengertian Dampak Pengaruh Dan Contohnya DosenPendidikanCom Pengertian Globalisasi yang diambil dari kata global yang memiliki arti atau makna adalah universal. Globalisasi belum mempunyai definisi yang mapan kecuali sekedar definisi kerja workingdefinition sehingga tergantung dari sisi mana orang dapat melihatnya.

Di sisi lain globalisasi juga menekan push down negara-bangsa yang mendorong ledakan ke arah desentralisasi dan otonomisasi. Negara-bangsa menjadi dirasa terlalu besar untuk menyelesaikan renik-renik masalah di tingkal lokal yang menyulut merebaknya etno-nasionalisme dan tuntutan otonomi lokal beriringan dengan revivalisme identitas.

Di era globalisasi sekat-sekat dan batas-batas yang sifatnya fisik -seperti wilayah dan geografis- maupun non-fisik- seperti nilai norma dan budaya masyarakat semakin hilang dan digantikan dengan satu sistem nilai norma dan budaya global. Dampak dari globalisasi budaya tak hanya mengarah pada lembaga tapi.

Globalisasi telah memberikan tantangan baru yang mau tidak mau harus di hadapi dan di sikapi oleh semua elemen masyarakat. Era keterbukaan sudah mulai mengakar kuat di era globalisasi seperti sekarang ini sehingga identitas nasional adalah salah satu bagian mutlak yang harus dipegang agar tidak hilang dan terbawa arus globalisasi.

Kosmopolitanisme nasionalisme dan fundamentalisme merupakan tiga konsep yang esensial di era globalisasi saat ini. Jika mengacu pada penjelasan sebelumnya ketiga konsep tersebut memiliki distingsi tersendiri dalam pengertian prinsip-prinsip hingga nilai dasar yang dimilikinya seperti kosmopolitanisme yang erat kaitannya dengan multikulturalisme dan pluralisme nasionalisme yang erat.

www.slideshare.net