Wawasan Nusantara

Wawasan Nusantara

Artikel wawasan nusantara cagar budaya bangsa. Wawasan nusantara Pengertian Wawasan Nusantara Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945Dalam pelaksanannya wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional. Menurut ketetapan MPR tahun 1993 dan 1998 tentang GBHN wawasan nusantara merupakan.

Kebanggaan bangsa indonesia akan budaya yang beraneka ragam sekaligus mengundang tantangan bagi seluruh rakyat untuk mempertahankan budaya lokal agar tidak hilang ataupun dicuri oleh bangsa lain. Dengan melestarikan cagar budaya kita bisa menjaga budaya bangsa dari pengaruh budaya asing dan menjaga agar budaya kita tidak diakui oleh Negara lain.

Wawasan Nusantara dan Integrasi Wilayah Wawasan nusantara sebagai cara pandang bangsa Indonesia yang melihat Indonesia sebagai kesatuan politik ekonomi sosial budaya dan hankam merupakan landasan dan dasar bagi bangsa Indonesia dalam menyelesaikan segala masalah dan hekikat ancaman yang timbul baik dari luar maupun dari. Contoh Makalah PKn.

WAWASAN NUSANTARA BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Salah satu persyaratan mutlak harus dimiliki oleh sebuah negara adalah wilayah kedaulatan di samping rakyat dan pemerintahan yang diakui. Konsep dasar wilayah kepulauan telah diletakkan melalui Deklarasi Djuanda 13 Desember 1957.

Deklarasi tersebut memiliki nilai sangat strategis bagi bangsa Indonesiakarena telah. Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa indonesia mengenai diri dan bentuk geografisnya menurut Pancasila dan UUD 1945 Fungsi Wawasan nusantara secara umum yaitu sebagai pedoman motivasi dorongan serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijaksanaan keputusan tindakan dan perbuatan bagi penyelenggaraan negara di pusat dan.

Dengan konsep Wawasan Nusantara secara geografis kepulauan Indonesia merupakan satu kesatuan yang utuh dengan melihat kesatuan politik ekonomi sosial budaya dan Hankam. Wawasan Nusantara Sebagai Satu Kesatuan Pertahanan dan Keamanan.

Tujuan ke dalam Wawasan Nusantara adalah untuk mewujudkan kesatuan dalam segenap aspek kehidupan bangsa. Sebagai bagian dari kebudayaan bangsa cagar budaya ini adalah warisan budaya bangsa yang mengandung nilai-nilai sosial-budaya yang penting.

Di samping itu cagar budaya dapat juga dianggap sebagai akar budaya bangsa national cultural roots yang sudah membangun jatidiri bangsa kita yang diwarnai oleh corak lokal atau kearifan lokal yang khas. Implementasi wawasan nusantara idealnya harus tercermin kepada pola pikir sikap dan tindakan yang senantiasa mengedepankan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi atau kelompok tertentu atau dengan kata lain wawasan nusantara menjadi pola yang fundamental dalam berpikir bersikap dan juga bertindak dalam menghadapi berbagai masalah yang berkaitan dengan kehidupan sosial.

Pelestarian warisan budaya bangsa merupakan ikhtiar untuk memupuk kebanggaan nasional dan memperkokoh jatidiri bangsa. Langkah pelestarian cagar budaya tersebut sangat besar artinya bagi kepentingan pembinaan dan pengembangan sejarah ilmu pengetahuan dan kebudayaan serta pemanfaatan.

Wawasan Nusantara sebagai pandangan bangsa Indonesia yang dibangun atas pandangan geopolitik bangsa terhadap lingkungan tempat tinggalnya secara keseluruhan. Konsep Wawasan Nusantara yang berdasarkan segi historis dan geografis sosial budaya menegaskan bahwa Indonesia dengan kebhinekaannya adalah satu kesatuan yang saling terpaut.

Wawasan nusantara sebagai geopolitik dan landasan visional bangsa Indonesia pada hakikatnya merupakan perwujudan ideologi pancasila. Wawasan nusantara mengarahkan visi bangsa Indonesia untuk mewujudkan kesatuan dan keserasian dalam berbagai bidang kehidupan nasional seperti bidang ideologi politik ekonomi sosial budaya dan pertahanan keamanan.

Wawasan nusantara sebagai wawasan nasional bangsa Indonesia merupakan ajaran yang diyakini kebenarannya oleh seluruh rakyat agar tidak terjadi penyesatan dan penyimpangan dalam upaya mencapai serta mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional. Wawasan nusantara dalam paradigma nasional dapat dilihat dari stratifikasinya.

Wawasan Nusantara adalah cara pandang Bangsa Indonesia mengenai diri serta lingkungannya berdasar pada Pancasila dan UUD 1945 yang sesuai dengan geografi wilayah Nusantara yang menjiwai kehidupan bangsa dalam mencapai tujuan serta cita-cita nasionalnya. Cagar budaya dan museum.

Mengembangkan kehidupan bangsa dan negara yang serasi antara. Pengertian dari wawasan nusantara ini ialah suatu cara pandang bagi Bangsa Indonesia mengenai diri serta juga lingkungannya itu sesuai dengan ide nasionalnya yakni Pancasila serta UUD 1945 ialah sebagai aspirasi suatu bangsa yang merdeka berdaulat serta bermartabat di tengah-tengah lingkungannya yang menjiwai tindak kebijaksanaan di dalam mencapai tujuan perjuangan bangsa.

Wawasan Nusantara bertujuan mewujudkan nasionalisme yang tinggi disegala bidangaspek kehidupan dari rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasional daripada kepentingan orang perorangan kelompok golongan suku bangsa atau daerah. Tujuan Wawasan Nusantara bisa dibedakan menjadi dua yaitu.

Wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap rakyat bangsa dan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang meliputi darat laut dan udara di atasnya sebagai satu kesatuan politik ekonomi sosial budaya dan pertahanan keamanan. Wawasan nasional itu selanjutnya menjadi pandangan atau visi bangsa dalam menuju tujuan dan cita-cita nasionalnya.

Dari definisi atau pengertian wawasan nusantara tersebut di atas didapatkan suatu kedudukan atau fungsi wawasan nusantara. Cara pandang yang digunakan tersebutlah yang menghasilkan wawasan nasional kemudian dijadikan sebagai pandangan atau visi sebagai pedoman motivasi dorongan serta rambu-rambu bangsa dalam mencapai dan mewujudkan.

Sangat menarik dan begitu pentingnya pembahasan tentang wawasan nusantarainilah yang membuat penulis tertarik untuk mengulas sedikit tentangWawasan Nusantara Cagar Budaya Bangsa. Permasalahan Untuk mengkaji dan mengulas tentang wawasan nusantara maka diperlukan subpokok bahasan yang saling berhubungan sehingga penulis membuat rumusan.

Wawasan nusantara secara garis besar merupakan cara pandang dan sikap untuk menentukan kehidupan berbangsa dan bernegara yang berdasarkan pada ideologi bangsa itu. Wawasan nusantara di indonesia berdasarkan pada filsafat pancasila pembangunan nasional kesatuan politik ekonomi sosial dan budaya pertahanan keamanan serta kesatuan luas wilayah.

Wawasan Nusantara adalah cara pandang sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dalam pelaksanaannya wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional.

www.slideshare.net