Makalah Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia 1

Makalah Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia 1

Contoh makalah tentang sejarah masuknya islam ke indonesia. Namun adanya peninggalan berupa nisan Fatimah binti Maemon tahun 475 H 1082 M juga membuktikan bahwa sudah sejak abad XI Islam sudah masuk ke Indonesia. Menjelaskan tentang apa saja teori masuknya agama Islam ke Indonesia.

Menjelaskan tentang bagaimana saluran dan cara Islamisasi di Indonesia. Islam masuk ke Nusantara melalui berbagai jalur dan cara.

Jika kalian sedang mencari makalah sejarah masuknya islam ke indonesia kami sajikan informasi seputar sejarah masuknya islam di indonesia dalam bentuk makalah yang bisa kalian download secara gratis. Islam mengajarkan agar manusia menyembah hanya kepada Allah dan tidak menyekutukannya serta senantiasa setiap saat berbuat baik terhadap sesama manusia tanpa pilih kasih.

24 Cara Masuknya Islam ke Indonesia Islam masuk ke Indonesia bukan dengan peperangan ataupun penjajahan. Dari penjelasan diatas tentang sejarah masuknya Islam ke Indonesia kami menyimpulkan bahwa.

Sebelum Islam datang ke Indonesia sebenarnya kepulauan nusantara sudah memiliki peradaban tersendiri yaitu peradaban yang bersumber dari kebudayaan asli pengaruh peradaban Hindu-Budha dari India. Banyak sejarah - sejarah yang terukir oleh nenek moyang kita salah satunya adalah sejarah masuknya Islam ke Indonesia.

Banyak teori masuknya islam ke indonesia. Ada yang mengatakan abad ke 7 dan ada yang mengatakan pada abad ke 13 M.

Untuk itu saya meringkas teori teori itu kedalam sebuah makalah. MAKALAH SEJARAH MASUKNYA ISLAM KE INDONESIA.

Dan tunggal melainkan berevolusi lambat-laun dan sangat beragam. Menurut para sejarawan teoriteori tentang kedatangan Islam ke Indonesia dapat dibagi menjadi.

Teori Mekah mengatakan bahwa proses masuknya Islam ke Indonesia adalah langsung dari Mekah atau Arab. Di lihat dari proses masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia ada tiga teori yang berkembang.

Teori Gujarat teori Makkah dan teori Persia Ahmad Mansur 1996. Ketiga teori tersebut saling mengemukakan perspektif kapan masuknya Islam asal negara penyebar atau pembawa Islam ke Nusantara.

Proses masuknya agama Islam ke Indonesia tidak berlangsung secara revolusioner cepat dan tunggal melainkan berevolusi lambat-laun dan sangat beragam. Dan dalam perkembangan selanjutnya bermunculan banyak kerajaan-kerajaan islam di Indonesia seperti samudera pasai dan kerajaan-kerajaan islam lainnya.

Tentang kapan Islam datang masuk ke Indonesia menurut kesimpulan seminar masuknya Islam di Indonesia pada tanggal 17 sd 20 Maret 1963 di Medan Islam masuk ke Indonesia pada abad pertama hijriyah atau pada abad ke tujuh masehi. Alasan yang dikemukakannya adalah jika kita berpedoman kepada masuknya agama Islam ke Indonesia pada abad ke-7 hal ini berarti terjadi pada masa kekuasaan Khalifah Ummayah.

Saat itu kepemimpinan Islam di bidang politik ekonomi dan kebudayaan berada di tangan bangsa Arab sedangkan pusat pergerakan Islam berkisar di Makkah Madinah Damaskus. Kedatangan dan Penyebaran Islam di Indonesia ada teori yang berpendapat baru abad ke-13 M.

Yang dikemukakan oleh Snouck Hurgronje dan lainnya dan yang berpendapat sudah sejak abad pertama Hijriyah atau abad ke-7 Masehi yann antara lain dikemukakan WP. Groeneveldt Syeikh Muhammad Naguib Al-Attas SQ.

Fatimi Hamka Uka Tjandrasasmita dll. Masing-masing golongan membuat argumentasinya.

Di lihat dari proses masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia ada tiga teori yang berkembang. Teori Gujarat teori Makkah dan teori Persia Ahmad Mansur 1996.

Ketiga teori tersebut saling mengemukakan perspektif kapan masuknya Islam asal negara penyebar atau pembawa Islam ke Nusantara. Islam masuk ke Indonesia pada abad pertama hijriyah atau abad ke tujuh sampai abad ke delapan masehi.

Ini mungkin di dasarkan kepada penemuan batu nisan seorang wanita muslimah yang bernama Fatimah binti Maimun dileran dekat Surabaya bertahun 475 H atau 1082 M. Sedang menurut laporan seorang musafir Maroko Ibnu Batutah yang mengunjungi Samudera Pasai dalam perjalanannya ke negeri Cina pada.

TEORI lain masuknya Islam di Indonesia ialah teori Persia. Teori ini berpendapat bahwa Islam masuk di Indonesia sejak awal Islam yakni abad pertama Hijriyah atau sekitar abad ke-7 Masehi.

Teori ini hampir sama dengan teori pertama bedanya teori ketiga ini beranggapan yang membawa Islam ke bumi Nusantara ini ialah para pedagang. Sejak itu para pelaut dan pedagang muslim terus berdatangan abad demi abad.

Mereka membeli hasil bumi dari negeri nan hijau ini sambil berdakwah. Dalam makalah ini akan dibahas lebih mendalam mengenai sejarah perkembangan Islam di Indonesia.

Bagaimana sejarah masuknya islam ke nusantara. Apa sajakah empat teori islam masuk ke.

Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia. Islam masuk ke Indonesia pada abad pertama Hijrah atau abad ke tujuhke delapan masehi.

Ini mungkin didasarkan pada penemuan batu nisan seorang wanita muslimah yang bernama Fatimah binti Maimun di Leran dekat Surabaya yang bertahun 475 H atau 1082 M. Sedangkan menurut laporan seorang musafir Maroko Ibnu Batutah yang mengunjungi Samudra Pasai dalam.

Sedangakan Agama Hindu dan Buddha masuk di Indonesia sekitar abad ke 7 M yang dibawa oleh para Rsi maupun para Bikhhu. Harun Hadiwijono mengatakan bahwa kira-kira abad ke 15 SM.

Nenek moyang bangsa Indonesia memasuki Indoneisa dari daratan Cina Selatan dengan melewati dua jalur yaitu jalur utara dan barat. Supaya lebih jelas yuk simak penjelasan tentang 4 teori masuknya Islam ke Nusantara.

Masing-masing teori dijelaskan berdasarkan rentan waktu yang berbeda. Mulai dari abad ke 7 hingga ada pula yang menyebutkan abad ke 13.

id.scribd.com