Makalah Waralaba Di Indonesia

Makalah Waralaba Di Indonesia

Contoh makalah tentang waralaba. YAYASAN BINA MANDIRI GORONTALO. SEKOLAH TINGGI ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS STIMB GORONTALO TA 20152016.

KATA PENGANTAR Puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmatnya kami dapat menyelesaikan makalah hukum bisnis iniSelain sebagai tugas Makalah ini dibuat untuk menambah pengetahuan dan ilmu kita tentang pengertian Waralaba cara mengetahui dasar hukum waralaba. 8 Di Indonesia pemegang hak waralaba tunggal KFC adalah PT.

Fastfood Indonesia Tbk yang didirikan oleh Kelompok Usaha Gelael pada tahun 1978 dan terdaftar sebagai perusahaan publik sejak tahun 1994. Restoran KFC pertama di Indonesia dibuka pada bulan Oktober 1979 di Jalan Melawai Jakarta.

Tonggak kepastian hukum akan format waralaba di Indonesia dimulai pada tanggal 18 Juni 1997 yaitu dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah PP RI No. 16 Tahun 1997 tentang Waralaba.

16 tahun 1997 tentang waralaba ini telah dicabut dan diganti dengan PP no 42 tahun 2007 24. Semakin menjamurnya bisnis waralaba saat ini pemerintah memandang perlu untuk mengetahui legalitas dan bonafiditas usaha Pemberi Waralaba baik dari luar negeri dan dalam negeri guna.

Contoh waralaba lokal yaitu. Primagama Alfamart Martha Tilaar Roti Buana Edward Forrer Bogasari Baking Center dan lain sebagainya.

Demikianlah materi tentang Makalah Waralaba yang sempat kami berikan. Semoga materi yang kami berikan dan jangan lupa juga untuk menyimak Makalah Thaharah yang telah kami posting sebelumnya.

Semoga materi yang kami berikan dapat membantu menambah wawasan anda semikian dan terimah kasih. Waralaba atau franchising dari bahasa Prancis untuk kejujuran atau kebebasan adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun pelayanan.

Sedangkan menurut versi pemerintah Indonesia yang dimaksud dengan waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual HAKI atau pertemuan dari ciri khas usaha yang. Puji syukur kehadirat Allah SWTY ang telah melimpahkan rahmat hidayah serta inayahnya sehingga kami masih diberikan kesempatan untuk menulis makalah yang berjudul tentang Menganalisis FranchiseWaralaba ini guna memenuhi tugas Bisnis pengantar.

Lantunan sholawat dan salam tidak lupa pula kami limpahkan kepada junjungan kita Nabi agung Muhammad SAW. Di Indonesia franchise dikenal sejak era 70an ketika masuknya Shakey Pisa KFC Swensen dan Burger King.

Perkembangannya terlihat sangat pesat dimulai sekitar 1995. Data Deperindag pada 1997 mencatat sekitar 259 perusahaan penerima waralaba di Indonesia.

Setelah itu usaha franchise mengalami kemerosotan karena terjadi krisis moneter. JAKARTA FRANCHISEGLOBALCOM Waralaba kebab asal Indonesia Baba Rafi terus melakukan ekspansi bisnisnya di luar negeri.

Terbaru bisnis kebab yang dinahkodai Hendy Setiono ini membuka jaringannya di India dengan menggandeng salah satu perusahaan di negara yang dijuluki Anak Benua itu sebagai pemegang lisensi waralabanyaHendy berharap langkah ekspansi ini dapat menjadi langkah positif. Waralaba jenis ini masuk dalam suatu kategori pilihan investasi untuk orang yang hendak menjadi pengusaha dengan cepat tetapi tidak mempunyai pengetahuan yang cukup tentang awal dan kelanjutan usaha pemiliki waralaba.

Contoh jenis waralaba yang berasal dari dalam negeri adalah suatu restoran cepat saji. 42 Tahun 2007 tentang waralaba.

Contoh waralaba lokal yaitu. Kondisi usaha waralaba di indonesia konsep waralaba kriteria waralaba makalah waralaba materi waralaba merger perusahaan adalah pengertian lisensi dan contohnya pengertian pengwaralaba.

MAKALAH TENTANG WARALABABAB IPENDAHULUANLatar Belakang Seiring dengan perkembangan zaman dan begitu pesatnya sektor perekonomian yang semakin. Makalah ini kami susun untuk memenuhi tugas Aspek Hukum Dalam Bisnis AHDB Dalam makalah ini kami banyak mendapat bantuan dari berbagai referensi buku dan website selain itu makalah ini berisikan tentang Aspek Hukum Waralaba Franchise yang merupakan suatu bentuk bisnis kerjasama yang dilakukan oleh dua belah pihak dimana pihak pertama franchisor memberikan hak kepada pihak kedua.

Tonggak kepastian hukum akan format waralaba di Indonesia dimulai pada tanggal 18 Juni 1997 yaitu dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah PP RI No. 16 Tahun 1997 tentang Waralaba.

16 tahun 1997 tentang waralaba ini telah dicabut dan diganti dengan PP no 42 tahun 2007 tentang Waralaba. Ismail memiliki usaha di bidang kuliner yaitu Rumah Makan Pak Mail.

Bisnisnya terkenal dan memiliki banyak pelanggan sehingga Ismail ingin mengembangkan rumah makannya dengan sistem waralaba. Paket yang ia sediakan meliputi merek dagang bahan makanan hingga SOP yang berlaku di rumah makannya.

Pemilik toko memiliki kewajiban yaitu membayar dengan sejumlah uang agar dapat memperoleh hak tersebut atau dengan kata lain adalah agar dapat membili sejumlah produk yang menjadi kualifikasi waralaba. Contoh dari jenis waralaba ini yaitu seperti sebuah toko computer dan pemilik toko tersebut menjual printer merek HP dari hasil penjualan tersebut biasanya produsen juga akan memperoleh keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan penjualnya.

Di Indonesia pemegang hak waralaba tunggal KFC adalah PT. Fastfood Indonesia Tbk yang didirikan oleh Kelompok Usaha Gelael pada tahun 1978 dan terdaftar sebagai perusahaan publik sejak tahun 1994.

Restoran KFC pertama di Indonesia dibuka pada bulan Oktober 1979 di Jalan Melawai Jakarta. PT Fastfood Indonesia Tbk.

Adalah pemilik tunggal waralaba KFC di Indonesia didirikan oleh Gelael Group pada tahun 1978 sebagai pihak pertama yang memperoleh waralaba KFC untuk Indonesia. Perseroan mengawali operasi restoran pertamanya pada bulan Oktober 1979 di Jalan Melawai Jakarta dan telah memperoleh sukses.

Di Indonesia tidaWbelum ada hukumperaturan tentang waralaba franchise. Hal yang sama juga dialami oleh banyak negara misalnya Inggris dan Australia.

Ketiadaan peraturan khusus tentang pewaralaba fræzchising dapat dianggap berita baik ataupun buruk. Berita buruknya adalah dengan ketiaadaan pedoman khusus tersebut maka baik.

www.slideshare.net