Makalah Ushul Fiqh Qiyas

Makalah Ushul Fiqh Qiyas

Contoh makalah ushul fiqh tentang qiyas. USHUL FIQH QIYASDisusun untuk memenuhi tugas terstruktur Mata kuliah. Ushul fiqihDosen pengampu.

Syathori MAg Disusun oleh Aan munsi aliyafi azis NIM. Dina Permatasari NIM.

1413153065 MATEMATIKA Ic INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI IAINSYEKH NURJATI CIREBON KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan. Ada beberapa golongan pendapat.

Golongan pertama menyatakan bahwa qiyas merupakan ciptaan manusia yaitu pandangan para mujtahidSebaliknya menurut golongan kedua qiyas merupakan ciptaan syari yakni merupakan dalil hukum yang berdiri sendiri atau merupakan hujjat illahiyah yang dibuat syari sebagai alat untuk mengetahui suatu hukumUlama ushul fiqih memberikan definisi yang berbeda-beda. Maka penulis tertarik untuk membuat makalah tentang Qiyas sekaligus memenuhi tugas mata kuliah Ushul Fiqih.

Berikut akan Kami sampaikan secara garis besarnya saja. Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah dari makalah Ushul Fiqih tentang Qiyas adalah sebagai berikut.

Apa pengertian Qiyas. Apa dasar hukum Qiyas dan rukun-rukun Qiyas.

Makalah ushul fiqh qiyas 1. TUGAS USHUL FIQH MAKALAH QIYAS Dosen Pengampu.

Muhammad Arfan LC Disusun Oleh. Mawadah Warohmah FAKULTAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2013 2014 2.

Contoh Makalah Qiyas Ushul Fiqh. Contoh Makalah Qiyas Ushul Fiqh adalah makalah yang mungkin anda cari sebagai bahan contoh atau referensi dalam mengerjakan berbagai tugas makalah pelajaran atau mata kuliah Pendidikan Agama Islam yang berhubungan dengan Qiyas atau mungkin anda sebenarnya sedang mencari referensi contoh makalah seperti contoh makalah yang berisi tentang makalah qiyas sebagai sumber hukum islam pengertian.

Contoh Makalah Fiqih tentang Qiyas BAB I. Kata-kata Sumber Hukum Islam merupakan terjemahan dari lafazh Masadir al-Ahkam.

Kata-kata tersebut tidak ditemukan dalam kitab-kitab hukum Islam yang ditulis oleh ulama-ulama fikih dan ushul fikih klasik. Para ulama ushul fiqih menganggap qiyas secara sah dapat dijadikan dalil hukum dengan berbagai dasar diantaranya.

An-Nissa ayat 59 Artinya. Hai orang-orang yang beriman taatilah Allah dan taatilah Rasul Nya dan ulil amri di antara kamu.

Kemudian jika kamu berlainan Pendapat tentang sesuatu Maka kembalikanlah ia kepada Allah Al Quran dan Rasul sunnahnya jika kamu benar-benar. Dari paparan latar belakang diatas serta mengingat banyak dikalangan Mahasiswa yang masih belum memahami sumber hukum islam Qiyas.

Maka penulis tertarik untuk membuat makalah tentang Qiyas sekaligus memenuhi tugas mata kuliah Ushul Fiqih. Berikut akan Kami sampaikan secara garis besarnya saja.

Qiyas menurut istilah ushul fiqhi ialah menyamakan suatu masalah yang tidak terdapat ketentuan hukumnya dalam nash Al-Quran dan Sunnah karena adanya persamaan illat hukumnya motif hukum antara kedua masalah itu. Beberapa contoh tentang qiyas sebagai berikut.

Dalam surah Al-maidah ayat 90 terdapat larangan keras minum khamar. Al-Hukm atau Hukm Al-asl17 yatitu hukum yang dipergunakan qiyas untuk memperluas hukum dari asl ke faru.

Menurut al-SyafiI hukum di sini adalah hukum yang ditetapkan oleh Allah dan RasulNya baik secara tegas maupun manawi18 Ini berarti hukumnya harus berdasarkan al-Quraan dan Hadist harus dapat dicerna akal tentang tujuannya dan hukum yang ditetapkan bukan masalah rukhshah. Menurut bahasa qiyas berarti mengukur atau menyamakan sesuatu dengan yang lain.

Para ahli Ushul Fiqih merumuskan qiyas dengan. Manyamakan atau mengukur sesuatu kejadian yang tidak ada nash Al-Quran dan Hadist tentang hukumnya dengan kejadian yang disebutkan dalam nash karena ada kesamaan antara dua kejadian itu didalam illat hokum tersebut.

Istihsan Qiyasi Istihsan Qiyasi adalah suatu bentuk pengalihan hukum dan ketentuan hukum yang didasarkan kepada qiyas jali nyata kepada 1 A bdul Wahab Khalaf ilmu Ushul Fiqh Toha Putra Group 1994 h. 131 4 5 ketentuan hukum yang didasarkan kepada qiyas khafi yang tersembunyi karena adanya alasan yang kuat untuk mengalihkan ketentuan hukum tersebut.

Ushul fiqih terdiri atas dua kata yang masing-masing mempunyai arti cukup luas yaitu ushul dan fiqih. Dalam bahasa arab kata ushul merupakan jama dari Ashal yang artinya fondasi sesuatuSedangkan fiqih berarti pemahaman secara mendalam yang membutuhkan pergerakan potensi akal atau ilmu yang menjelaskan tentang hukum syariyah yang berhubungan dengan segala tindakan manusia baik berupa.

Contoh Makalah Qiyas Ushul Fiqh adalah makalah yang mungkin anda cari sebagai bahan contoh atau referensi dalam mengerjakan berbagai tugas makalah pelajaran atau mata kuliah Pendidikan Agama Islam yang berhubungan dengan Qiyas atau mungkin anda sebenarnya sedang mencari referensi contoh makalah seperti contoh makalah yang berisi tentang makalah qiyas sebagai sumber hukum islam pengertian. USHUL FIQIH ISTIHSAN Dosen Pengampu.

Khoirul Mujahidin 111-13-261 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam PAI Institut Agama Islam Negeri IAIN Salatiga 2015 BAB I PENDAHULUAN 1. Latar Belakang Ilmu Ushul Fiqih merupakan salah satu instrumen penting yang harus dipenuhi oleh siapapun yang ingin melakukan mekanisme ijtihad.

Contoh Makalah Qiyas Ushul Fiqh adalah makalah yang mungkin anda cari sebagai bahan contoh atau referensi dalam mengerjakan berbagai tugas makalah pelajaran atau mata kuliah Pendidikan Agama Islam yang berhubungan dengan Qiyas atau mungkin anda sebenarnya sedang mencari referensi contoh makalah seperti contoh makalah yang berisi tentang makalah qiyas sebagai sumber hukum islam pengertian. Qiyas secara bahasa arab berarti ukuran mengetahui ukuran sesuatu membandingkan atau menyamakan sesuatu dengan yang lain.

Menurut istilah ahli Ilmu Ushul Fiqh qiyas adalah mempersamakan suatu kasus yang tidak ada nash hukumnya dengan suatu kasus yang ada nash hukumnya. Ushul al-Fiqh al-Islami Beirut.

Daar el-Fikr 1986Demikianlah makalah tentang Contoh Qiyas sebagai Sumber Hukum Islam setelah Al-Quran dan Hadis. Pertama istishab yang melangsungkan berlakunya hukum akal mengenai kebolehan atau bebas asal pada saat tidak dijumpainya dalil yang mengubahnyaSegala macam makanan dan minuman yang tidak terdapat dalil syara tentang keharamannya adalah mubah atau halal sebab Allah menciptakan segala sesuatu dibumi ini agar dapat diambil mamfaatnya oleh manusia.

www.slideshare.net