Makalah Wawasan Nusantara 1

Makalah Wawasan Nusantara 1

Contoh makalah wawasan nusantara cagar budaya bangsa. Wawasan Nusantara artinya adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya berdasarkan ide nasionalnya yaitu pancasila UUD 1945 sebagai aspirasi suatu bangsa yang merdeka berdaulatm dan bermartabat di tengah-tengah lingkungannya. Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa indonesia mengenai diri dan bentuk geografisnya menurut Pancasila dan UUD 1945 Fungsi Wawasan nusantara secara umum yaitu sebagai pedoman motivasi dorongan serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijaksanaan keputusan tindakan dan perbuatan bagi penyelenggaraan negara di pusat dan.

Contoh Makalah PKn. WAWASAN NUSANTARA BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Salah satu persyaratan mutlak harus dimiliki oleh sebuah negara adalah wilayah kedaulatan di samping rakyat dan pemerintahan yang diakui.

Konsep dasar wilayah kepulauan telah diletakkan melalui Deklarasi Djuanda 13 Desember 1957. Contoh makalah pendek WAWASAN NUSANTARA Di Susun Oleh.

Tingkat Program. I D-III Kebidanan Dosen Pembimbing.

Sri Haryanto SPd Mata Kuliah. Kewarganegaraan STIKES DARMA HUSADA KATA PENGANTAR Puji syukur saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT karena dengan rahmat dan karunia-Nya saya masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini.

Wawasan nusantara secara garis besar merupakan cara pandang dan sikap untuk menentukan kehidupan berbangsa dan bernegara yang berdasarkan pada ideologi bangsa itu. Wawasan nusantara di indonesia berdasarkan pada filsafat pancasila pembangunan nasional kesatuan politik ekonomi sosial dan budaya pertahanan keamanan serta kesatuan luas wilayah.

Wawasan Nusantara sebagai pandangan bangsa Indonesia yang dibangun atas pandangan geopolitik bangsa terhadap lingkungan tempat tinggalnya secara keseluruhan. Konsep Wawasan Nusantara yang berdasarkan segi historis dan geografis sosial budaya menegaskan bahwa Indonesia dengan kebhinekaannya adalah satu kesatuan yang saling terpaut.

Wawasan nusantara sebagai geopolitik dan landasan visional bangsa Indonesia pada hakikatnya merupakan perwujudan ideologi pancasila. Wawasan nusantara mengarahkan visi bangsa Indonesia untuk mewujudkan kesatuan dan keserasian dalam berbagai bidang kehidupan nasional seperti bidang ideologi politik ekonomi sosial budaya dan pertahanan keamanan.

Berkaitan dengan wawasan nusantara yang syarat dengan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia dan di bentuk dalam proses panjang sejarah perjuangan bangsa apakah wawasan bangsa Indonesia tentang persatuan dan kesatuan itu akan terhanyut tanpa bekas atau akan tetap kokoh dan mampu bertahan dalam terpaan nilai global yang menantang Wawasan Persatuan. Adanya wawasan nusantara ini sangatlah penting sekali sebab wilayah indonesia masyarakatnya multikultural dengan tujuan menjaga dan mempertahankan kesatuan bangsa dan negara.

Contoh Wawasan Nusantara Saat ini banyak sekali nilai-nilai sejarah bangsa Indonesia yang sudah mulai di tinggalkan karena masuknya budaya barat ke Indonesia. Makalah wawasan nusantara 25080620.

Makalah wawasan nusantara makalah wawasan nusantara sebagai geopolitik indonesia makalah wawasan nusantara pdf makalah wawasan nusantara doc makalah wawasan nusantara sebagai pandangan kolektif bangsa makalah wawasan nusantara cagar budaya bangsa makalah wawasan nusantara dalam konteks nkri makalah wawasan nusantara dan ketahanan nasional makalah wawasan. Kebanggaan bangsa indonesia akan budaya yang beraneka ragam sekaligus mengundang tantangan bagi seluruh rakyat untuk mempertahankan budaya lokal agar tidak hilang ataupun dicuri oleh bangsa lain.

Dengan melestarikan cagar budaya kita bisa menjaga budaya bangsa dari pengaruh budaya asing dan menjaga agar budaya kita tidak diakui oleh Negara lain. Kesimpulan dari makalah ini adalah.

Wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta sesuai dengan geografi wilayah Nusantara yang menjiwai kehidupan bangsa dalam mencapai tujuan atau cita- cita nasionalnya. Wawasan nusantara Pengertian Wawasan Nusantara Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945Dalam pelaksanannya wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional.

Menurut ketetapan MPR tahun 1993 dan 1998 tentang GBHN wawasan nusantara merupakan. Dengan konsep Wawasan Nusantara secara geografis kepulauan Indonesia merupakan satu kesatuan yang utuh dengan melihat kesatuan politik ekonomi sosial budaya dan Hankam.

Wawasan Nusantara Sebagai Satu Kesatuan Pertahanan dan Keamanan. Tujuan ke dalam Wawasan Nusantara adalah untuk mewujudkan kesatuan dalam segenap aspek kehidupan bangsa.

Dari beberapa pendapat para ahli dapat disimpulkan bahwa wawasan nusantara merupakan cara pandang dan sikap dalam makna bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungan dengan negara berbentuk kepulauan dan budaya yang beraneka ragam. Wawasan Nusantara juga merupakan sikap tentang bagaimana Bangsa Indonesia merawat persatuan di tengah keberagaman yang ada.

Wawasan Nusantara dan Integrasi Wilayah Wawasan nusantara sebagai cara pandang bangsa Indonesia yang melihat Indonesia sebagai kesatuan politik ekonomi sosial budaya dan hankam merupakan landasan dan dasar bagi bangsa Indonesia dalam menyelesaikan segala masalah dan hekikat ancaman yang timbul baik dari luar maupun dari. Wawasan Nusantara bertujuan mewujudkan nasionalisme yang tinggi disegala bidangaspek kehidupan dari rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasional daripada kepentingan orang perorangan kelompok golongan suku bangsa atau daerah.

Tujuan Wawasan Nusantara bisa dibedakan menjadi dua yaitu. Dalam hal ini esensi dari Wawasan Nusantara adalah integritas Nusantara dalam arti perspektif holistik dalam lingkup Kepulauan untuk kepentingan bangsa dan negara.

Semua lapisan masyarakat yang menjadi warga negara Indonesia baik pejabat maupun rakyat biasa harus mampu berpikir dan bertindak demi kepentingan bangsa dan Negara Indonesia. Pemerintah sudah memperhatikan masalah cagar budaya sebagaimana tertuang dalam UU Nomor 5 Tahun 1992 tentang Cagar BudayaBarangkali yang perlu digarisbawahi adalah kearifan warga masyarakat akan terlihat manakala bangunan cagar budaya dimanfaatkan seoptimal mungkin tanpa mengubah bentuk aslinya termasuk keaslian lingkungankawasannya.

Implementasi wawasan nusantara idealnya harus tercermin kepada pola pikir sikap dan tindakan yang senantiasa mengedepankan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi atau kelompok tertentu atau dengan kata lain wawasan nusantara menjadi pola yang fundamental dalam berpikir bersikap dan juga bertindak dalam menghadapi berbagai masalah yang berkaitan dengan kehidupan sosial.

www.slideshare.net