Tugas Makalah Wawasan Nusantara

Tugas Makalah Wawasan Nusantara

Contoh makalah wawasan nusantara dalam pembangunan nasional. Fungsi wawasan nusantara sebagai konsepsi ketahanan nasional adalah sebagai konsep dalam pembangunan pertahanan keamanan dan kewilahayan b. Fungsi wawasan nusantara sebagai pembangunan nasional adalah mencakup kesatuan politik sosial dan ekonomi sosial dan politik dan kesatuan pertahanan dan keamanan.

Contoh makalah pendek WAWASAN NUSANTARA Di Susun Oleh. Tingkat Program.

I D-III Kebidanan Dosen Pembimbing. Sri Haryanto SPd Mata Kuliah.

Kewarganegaraan STIKES DARMA HUSADA KATA PENGANTAR Puji syukur saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT karena dengan rahmat dan karunia-Nya saya masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini. Contoh Makalah PKn.

WAWASAN NUSANTARA BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Salah satu persyaratan mutlak harus dimiliki oleh sebuah negara adalah wilayah kedaulatan di samping rakyat dan pemerintahan yang diakui. Konsep dasar wilayah kepulauan telah diletakkan melalui Deklarasi Djuanda 13 Desember 1957.

Wawasan nasional itu selanjutnya menjadi pandangan atau visi sebagai pedoman motivasi dorongan serta rambu-rambu bangsa dalam mencapai tujuannyaSelain fungsi diatas wawasan nusantara bertujuan mewujudkan nasionalisme yang tinggi disegala aspek kehidupan rakyat Indonesia. Dibawah ini admin menyajikan contoh makalah wawasan nusantara dengan judul.

Perwujudan Wawasan Nusantara Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Sebagaimana contoh-contoh makalah lainnya pada blog ini sajian materinya dimulai dari Bab I sampai Daftar Pustaka.

Sebagai landasan Visional Wawasan Nusantara berperan penting dalam mewujudkan tujuan bangsa dalam pembangunan Nasional B. Saran Kita sebagai masyarakat Nusantara harus senantiasa menjujung tinggi derajat dan kedaulatan negara dengan banyak cara seperti melalui politik ekonomi sosial dan budaya.

Hakikat Wawasan Nusantara adalah keutuhan nusantara dalam pengertian cara pandang yang selalu utuh menyerluruh dalam lingkup nusantara demi kepentingan nasional. Hal tersebut berarti bahwa setiap warga bangsa dan aparatur Negara harus berpikir bersikap dan bertindak secara utuh menyeluruh demi kepentingan bangsa dan Negara Indonesia.

Wawasan Nusantara di ambil dari dua kata Wawasan artinya pengetahun dan cara pandangSedangkan Nusantara artinya nama lain dari Indonesia jadi bila disatukan wawasan nusantara adalah cara pandang terhadap bangsa Indonesia dengan tujuan menjaga kesatuan dan persatuan demi memcapai nasional. Adanya wawasan nusantara ini sangatlah penting sekali sebab wilayah indonesia masyarakatnya.

Wawasan Nusantara dalam Pembangunan Nasional. Implementasi atau penerapan wawasan nusantara harus tercermin pada pola pikir pola sikap dan pola tindak yangsenantiasa mendahulukan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi atau kelompok.

Dengan kata lain wawasan nusantara menjadi pola yang mendasari cara berpikir bersikap. Implementasi Wawasan Nusantara dalam Kehidupan Nasional Wawasan Nusantara Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila danUUD 1945.

Dalam pelaksanannya wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional. Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap masyarakat Indonesia terhadap diri sendiri dan lingkungan dengan memprioritaskan persatuan dan kesatuan bangsa dan kesatuan daerah dalam mengorganisir kehidupan rakyat bangsa dan negara untuk mencapai tujuan nasional.

Dalam hal ini esensi dari Wawasan Nusantara adalah. Secara konstitusional Wawasan Nusantara dikukuhkan dengan Kepres MPR No.

IVMPR1973 tentang Garis Besar Haluan Negara Bab II Sub E Pokok-pokok Wawasan Nusantara dinyatakan sebagai Wawasan dalam mencapai tujuan Pembangunan Nasional adalah Wawasan Nusantara mencakup. Oleh karena itu wawasan nusantara juga merupakan wawasan dalam penyelenggaraan pembangunan nasinal untuk mencapai tujuan pembangunan nasional.

Wawasan nusantara tidak hanya merupakan tuntutam konseptual saja tetapi hendaknya dapat diwujudkan dalam bentuk dan kondisi persatuan dan kesatuan segenap aspek dan dimensi kehidupan nasional. Pengertian dari wawasan nusantara ini ialah suatu cara pandang bagi Bangsa Indonesia mengenai diri serta juga lingkungannya itu sesuai dengan ide nasionalnya yakni Pancasila serta UUD 1945 ialah sebagai aspirasi suatu bangsa yang merdeka berdaulat serta bermartabat di tengah-tengah lingkungannya yang menjiwai tindak kebijaksanaan di dalam mencapai tujuan perjuangan bangsa.

Konsepsi pengembangan kekuatan nasional melalui pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan yang seimbang serasi dan selaras dalam seluruh aspek kehidupan secara utuh dan terpadu berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 dan wawasan nusantara dengan kata lain konsepsi ketahanan nasional merupakan pedoman untuk meningkatkan keuletan dan. Wawasan Nusantara berkedudukan sebagai visi bangsa.

Visi adalah keadaan atau rumusan umum mengenai keadaan yang ingin dicapai. Wawasan nasional merupakan visi bangsa yang bersangkutan dalam menuju masa depan.

Visi bangsa Indonesia sesuai dengan konsep wawasan Nusantara adalah menjadi bangsa yang satu dengan wilayah yang satu secara utuh. Lembaga Pertahanan Nasional 1999 Menurut Lemhanas wawasan nusantara sebagai pandangan hidup Bangsa Indonesia dalam memanfaatkan konstelasi geografis Indonesia sejarah dan kondisi sosial budaya untuk mengejawantahkan segala dorongan dan rangsangan di dalam usaha pencapaian aspirasi bangsa dan kepentingan dan tujuan-tujuan nasional.

Dalam menjalankan wawasan nusantara lebih mengutamakan menghargai perbedaan yang ada untuk mencapai tujuan nasional serta dapat memenuhi kesatuan wilayah. Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak daerah dan pulau bahkan pulau tersebut banyak yang masih belum berpenghuni.

Kepentingan nasional mereka utamakan melebihi kepentingan pribadi kepentingan kelompok golongan dan kedaerahan. Keterpaduan upaya yang disertai dengan tekad dan semngat yang tinggi ini di dasarkan adanya kesamaan persepsi dan cara pandang atau biasa disebut wawasan dalam mencapai tujuan nasional.

Wawasan nasional itu selanjutnya menjadi pandangan atau visi bangsa dalam menuju tuannya.

www.slideshare.net