Makalah Zat Aditif

Makalah Zat Aditif

Contoh makalah zat aditif dan adiktif. Makalah zat aditif adiktif dan psikotropika. BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang NAPZA Narkotika Psikotropika dan Zat Adiktif lain adalah bahanzatobat jika masuk kedalam tubuh manusia akan mem engaruhi tubuh terutama otaksusunan saraf pusat sehingga menyebabkan gangguan kesehatan fisik psikis dan fungsi sosialnya karena. Makalah ini berisi uraian tentang bahan kimia rumah tangga zat aditif zat adiktif serta narkotika dan psikotropika.

Atas dukungan moral dan materil yang diberikan dalam penyusunan makalah ini maka kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Wali Kelas yang telah membimbing kami dalam menyelesaikan makalah ini dan kami ucapkan terima kasih. Demikianlah materi tentang Makalah Zat Aditif Adiktif dan Psikotropika yang sempat kami berikan dapat bermanfaat.

Semoga materi yang kami berikan dan jangan lupa juga untuk menyimak Makalah Revolusi Industri yang telah kami posting sebelumnya. Semoga materi yang kami berikan dapat membantu menambah wawasan anda semikian dan terimah kasih.

MAKALAH ZAT ADITIF DAN ADIKTIF KATA PENGANTAR. Sembah sujud penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT karena anugerah dan rahmat-Nya jualah sehingga makalah ini dapat terselesaikan.

Dalam penyusunan makalah ini penulis telah berusaha semaksimal mungkin yang mana telah memakan waktu dan pengorbanan yang tak ternilai dari semua pihak yang. Makalah Zat Adiktif Dan Psikotropika.

Pengertian Macam Contoh Dampak Beserta Solusinya - Menurut WHO dan FAO Zat Adiktif yaitu bahan bahan yang ditambahkan. Jika Halaman Ebook Tidak Muncul Silahkan Download di sini.

Contoh bahan aditif itu adalah E 200 asam sorbat E 201 Na sorbat E 300 asam askorbat E 311 oktil gallat E 320 butilhidroksil anisol BHA dan E 321 butilhidroksil toluena BHT. Dari sumbernya zat aditif dibagi menjadi dua yaitu zat aditif alam dan buatan atau hasil sintesis.

Zat aditif adalah zat-zat yang ditambahkan pada makanan selama proses produksi pengemasan atau penyimpanan untuk maksud tertentu. Penambahan zat aditif dalam makanan berdasarkan pertimbangan agar mutu dan kestabilan makanan tetap terjaga dan untuk mempertahankan nilai gizi yang mungkin rusak atau hilang selama proses pengolahan.

Pada awalnya zat-zat aditif tersebut berasal dari bahan tumbuh. Zat Adiktif Dan Psikotropika.

Pengertian Macam Contoh Dampaknya. Pengertian Dan Macam Klasifikasi Zat.

DAFTAR PUSTAKA Amalia Rizky. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Materi Zat Aditif Dan Zat Adiktif Untuk Tingkat Smp Kelas VIII.

Zat Adiktif Nama zat adiktif tentu saja tidak asing lagi bagi Anda. Zat adiktif ini sudah sangat banyak di bahas dan di sosialisakan dalam berbagai kesempatan.

Hal ini karena zat adiktif merupakan salah satu zat berbahaya yang biasanya tanpa di sadari akan membuat penikmatnya kecanduan. Bab 5 Zat Aditif dan Zat Adiktif Part 1 1.

Zat Aditif Zat aditif adalah bahan yang ditambahkan kedalam makanan atau minuman dalam jumlah kecil saat pembuatan makananPenambahan zat aditif bertujuan untuk memperbaiki penampilan cita rasa tekstur aroma memperpanjang daya simpan meningkatkan nilai gizi seperti protein mineral dan vitamin. Zat Aditif adalah Suatu Zat Kimia yang ditambahkan dalam pembuatan makanan dengan jumlah kecil dan befungsi untuk memperkuat cita rasa memperbaiki bentuk makanan memperhalus tekstur dan memperpanjang kualitas makanan agar tidak cepat basi kadaluarsa.

Fungsi lain dari Zat ini adalah Sebagai untuk meningkatkan Nilai Gizi yang terdapat dalam sebuah makanan yaitu. Zat aditif makanan adalah bahan yang ditambahkan kedalam pangan untuk mempengaruhi sifat atau bentuk pangan.

Zat aditif atau Bahan Tambahan Pangan BPT didefinisikan sebagai bahan yang ditambahkan dan dicampurkan sewaktu proses pengolahan makanan untuk meningkatkan mutu sifat atau bentuk pangan Permenkes RI No 329 Menkes PER XII 76 dalam Amalia Rizky. Beberapa zat yang ditambahkan pada makanan untuk keperluan tertentu dinamakan.

Zat adiksi Jawaban. Kunyit daun suji dan wortel adalah contoh.

Penyedap alamiah Jawaban. Makanan kemasan dan hidangan cepat saji biasanya mengandalkan berbagai zat tambahan untuk meningkatkan cita rasa serta kualitas tampilannya sekaligus juga memperpanjang masa simpan di toko.

Meski begitu berbagai zat aditif ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Berikut berbagai zat aditif pada makanan yang paling umum digunakan beserta risiko yang mungkin.

Nah secara umum zat aditif adalah suatu zat yang ditambahkan ke dalam sebuah produk makanan atau minuman dengan tujuan untuk mempercantik warna menguatkan rasa mengatur keasaman memperpanjang umur penyimpanan produk dan lain-lain. Harap dibedakan ya zat aditif tidak sama dengan zat adiktif.

Zat adiktif adalah zat yang menimbulkan. Jenis zat aditif ini meliputi zat pengawet zat pewarna dan zat pemanis.

Zat pengawet dapat memperlambat pembusukan yang disebabkan oleh jamur udara bakteri atau ragi. Selain itu pengawet juga mampu menjaga kualitas makanan dan membantu mengendalikan kontaminasi pada makanan yang dapat menyebabkan penyakit seperti botulisme.

Zat adiktif bukan narkotika dan psikotropika adalah zat adiktif yang menghasilkan suatu reaksi biologis pada tubuh tetapi tidak menghilangkan kesadaran penggunanya. Biasanya zat ini memengaruhi kerja tubuh seperti meningkatkan kewaspadaan melemaskan otot atau sebagai anti depressan ringan.

Ketika membicarakan penggunaan zat adiktif hal pertama yang Anda pikirkan mungkin adalah narkotika dan obat-obatan terlarang alias narkoba. Padahal ada jenis lainnya yang bahkan bisa Anda temukan di menu makanan atau minuman sehari-hari misalnya teh dan kopi.

Zat adiktif pada dasarnya adalah obat serta bahan-bahan aktif yang bila dikonsumsi oleh makhluk hidup akan menyebabkan ketergantungan. 20 Soal Zat Adiktif dan Psikotropika Pilihan Ganda Kunci Jawaban Menurut WHO dan FAO Zat Adiktif adalah bahan-bahan yang ditambahkan dengan sengaja ke dalam makanan dalam jumlah yang sedikitTujuannya adalah untuk menambahkan cita rasa warna bentuk tekstur serta mempertahankan lamanya penyimpanan.

www.slideshare.net