Makalah Zat Aditif

Makalah Zat Aditif

Contoh makalah zat aditif. Makalah zat aditif adiktif dan psikotropika. BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang NAPZA Narkotika Psikotropika dan Zat Adiktif lain adalah bahanzatobat jika masuk kedalam tubuh manusia akan mem engaruhi tubuh terutama otaksusunan saraf pusat sehingga menyebabkan gangguan kesehatan fisik psikis dan fungsi sosialnya karena. Makalah Zat Aditif Adiktif dan Psikotropika - Jika dalam postingan ini anda kurang mengerti atau susunanya tidak teratur anda dapat mendownload versi doc makalah berikut.

Contoh-contoh pemanis buatan yaitu 1 sakarin berbentuk kristal putih. Memiliki tingkat rasa manis 500 kali dari manis gula pasir.

12 Tujuan Adapun tujuan disusunnya makalah ini diantaranya sebagai berikut. 1 Memenuhi tugas akhir semester dan dipresentasikan 2 Membahas tentang apa itu zat aditif dan pengelompokkannya 3 Macam-macam bahan kimia yang terkandung dalam zat aditif dan apa keuntungan serta kerugian bagi kesehatan manusia.

Makalah Zat Adiktif Dan Psikotropika. Pengertian Macam Contoh Dampak Beserta Solusinya - Menurut WHO dan FAO Zat Adiktif yaitu bahan bahan yang ditambahkan.

Zat aditif makanan telah dimanfaatkan dalam berbagai proses pengolahan makanan berikut adalah beberapa contoh zat aditif. Zat aditif Contoh Keterangan Pewarna Daun pandan hijau kunyit kuning buah coklat coklat wortel orange Pewarna alami Sunsetyellow FCF orange Carmoisine Merah Brilliant Blue FCF biru Tartrazine kuning dll Pewarna sintesis.

Makalah ini berisi uraian tentang bahan kimia rumah tangga zat aditif zat adiktif serta narkotika dan psikotropika. Atas dukungan moral dan materil yang diberikan dalam penyusunan makalah ini maka kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Wali Kelas yang telah membimbing kami dalam menyelesaikan makalah ini dan kami ucapkan terima kasih.

Contoh zat aditif pemutih. Asam askorbat aseton peroksida dan kalium bromat F.

Winarno dan Titi Sulistyowati Rahayu 1994 25. Zat aditif merupakan suatu zat yang ditambahkan pada suatu produk.

Zat aditif penambah gizi merupakan zat aditif yang berguna untuk meningkan gizi dalam produk tersebut. Zat Aditif adalah Suatu Zat Kimia yang ditambahkan dalam pembuatan makanan dengan jumlah kecil dan befungsi untuk memperkuat cita rasa memperbaiki bentuk makanan memperhalus tekstur dan memperpanjang kualitas makanan agar tidak cepat basi kadaluarsa.

Fungsi lain dari Zat ini adalah Sebagai untuk meningkatkan Nilai Gizi yang terdapat dalam sebuah makanan yaitu. Zat aditif makanan dibedakan menjadi zat pengawet zat pemaniszat pewarna zat penyedap dan zat aditif lainnya.

Istilah zat aditif sendiri mulai familiar di tengah masyarakat Indonesia setelah merebak kasus penggunaan formalin pada beberapa produk olahan pangan tahu ikan dan daging yang terjadi pada beberapa bulan belakangan. Contoh Zat Aditif Pada dasarnya baik masyarakat desa maupun kota pasti telah menggunakan zat aditif makanan dalam kehidupannya sehari-hari.

Secara ilmiah zat aditif makanan di definisikan sebagai bahan yang ditambahkan dan dicampurkan sewaktu pengolahan makanan untuk meningkatkan mutu. Contoh Daftar Isi Makalah 1 Zat Aditif Pada Remaja Contoh 1.

BAB 1 PENDAHULUAN 1. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA 7.

Definisi Zat Aditif. Jenis Zat Aditif dan Tingkatannya 10.

Makanan kemasan dan hidangan cepat saji biasanya mengandalkan berbagai zat tambahan untuk meningkatkan cita rasa serta kualitas tampilannya sekaligus juga memperpanjang masa simpan di toko. Meski begitu berbagai zat aditif ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

Berikut berbagai zat aditif pada makanan yang paling umum digunakan beserta risiko yang mungkin. Zat Aditif alami merupakan zat aditif yang diperolah dari alam.

Penambahan aditif alami ini tidak akan menimbulkan efek samping dan aman digunakan dalam jumlah besar. Kunyit jahe gula aren asam dan daun pandan.

Sedangkan contoh zat adiktif jenis ini adalah seperti nikotin kokain dan kafein. Golongan zat adiktif yang kedua adalah halusinogen.

Namanya juga halusinogen tentu saja akan menimbulkan efek berupa halusinasi bagi para pengkonsumsinya. Hal ini bisa terjadi karena zat tersebut ketika masuk dalam tubuh akan mengganggu sistem syaraf.

Zat aditif makanan dapat digolongkan menjadi dua yaitu. A aditif sengaja yaitu aditif yang diberikan dengan sengaja dengan maksud dan tujuan tertentu seperti untuk meningkatkan nilai gizi cita rasa mengendalikan keasaman dan kebasaan memantapkan bentuk dan rupa dan lain sebagainya dan b aditif tidak sengaja.

Pengertian Zat Aditif Alami dan Buatan pada Makanan beserta Contohnya-Zat Aditif makanan atau bahan tambahan makanan adalah bahan yang ditambahkan dengan sengaja ke dalam makanan dalam jumlah kecil dengan tujuan untuk memperbaiki penampakan cita rasa tekstur flavor dan memperpanjang daya simpan. Selain itu dapat meningkatkan nilai gizi seperti protein mineral dan vitamin.

Sebagai salah satu contoh zat ini terdapat pada opium kokain dan heroin. Efek samping zat adiktif makalah zat adiktif penggolongan zat adiktif tujuan zat adiktif zat adiktif bukan narkotika dan psikotropika zat adiktif dan aditif.

Radiasi Benda Hitam Pengertian Hukum Pencemaran Suara Gambar Ciri-Ciri Da. 2 dari 6 halaman.

Zat perasa atau penyedap ditambahkan untuk meningkatkan rasa suatu makanan. Ini merupakan jumlah aditif terbesar yang digunakan dalam makanan.

Macam-Macam zat aditif alami Contoh dan kegunaannya. Wortel Kegunaannya adalah sebagai zat pemberi warna oranye pada makanan.

Wortel sering digunakan pada pembuatan selai nanas. Selain sebagai pemberi warna oranye wortel juga baik dimakan langsung atau diperas airnya dan diminum karena mengandung provitamin A.

Beberapa zat yang ditambahkan pada makanan untuk keperluan tertentu dinamakan. Zat adiksi Jawaban.

Kunyit daun suji dan wortel adalah contoh. Penyedap alamiah Jawaban.

www.slideshare.net