Laporan Praktikum Kimia Asam Basa

Laporan Praktikum Kimia Asam Basa

Contoh pembahasan laporan praktikum kimia asam dan basa. LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA LARUTAN ASAM BASA. Judul Percobaan Larutan Asam dan Basa B.

Tujuan Percobaani Untuk menguji larutan yang termasuk asam dan basa menggunakan pH indikator dan kertas lakmus ii Untuk menguji bahan alam yang dapat digunakan sebagai indikator asam basa CDasar TeoriIndikator asam-basa disebut juga Indikator. Pembahasan Berdasarkan hasil pengamatan pada praktikum kali ini tentang identifikasi larutan asambasa menguraikan pada awal percobaan pertama yaitu percobaan dengan menggunakan indikator buatan yaitu kertas lakmus warna merah pada masing-masing bahan larutan yang sudah ditentukan pada praktikum diteteskan ke dalam plat tetes dan dicelupkan.

Asam dan basa merupakan dua golongan zat kimia yang sangat penting. Dalam sehari-hari kita mengenal berbagai zat yang digolongakan sebagai asam misalnya asam cuka asam sitrun asam jawa asam belimbing serta asam lambung.

Reaksi ionisasi asam. HCl aq H aq CL aq.

Adapun pembahasan dalam Laporan. KATA PENGANTAR Puji syukur saya panjatkan ke hadapan Tuhan yang Maha Esa karena berkat karunia dan rahmat-Nya laporan praktikum ini dapat terselesaikan dengan baik.

Laporan pratikum ini disusun untuk memenuhi tugas siswa dalam mata pelajaran kimia menambah wawasan tentang asam basa terutama mengenai indikator asam basa alami yang belajar dari alam selain itu kita dapat. BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang Asam basa sudah dikenal sejak zaman dahulu. Istilah asam acid berasal dari bahasa latin acetum yang berarti cuka.

Istilah basa alkali berasal dari bahasa arab yang berarti abu. Asam dan basa secara tidak sadar merupakan bagian dari kehidupan kita.

Kita senantiasa berinteraksi dengan asam dan basa setiap hari. PEMBAHASAN Praktikum yang berjudul Indikator Alami Asam Basa ini bertujuan agar mahasiswa dapat membuat kertas indikator alami dan dapat mengidentifikasi berbagai jenis larutan menggunakan indikator alami.

Praktikum ini dilakukan pada hari Selasa 30 Oktober 2018 pukul 1340 1520 di Labroatorium IPA FMIPA UNY. Asam dan basa didefenisikan oleh ahli kimia berabad-abad yang lalu dalam sifat-sifat larutan air mereka.

Dalam pengertian ini suatu zat yang larutan airnya berasa asam memerahkan lakmus biru bereaksi dengan logam aktif untuk membentuk hidrogen dan menetralkan basa. Basa adalah zat-zat yang dapat menetralkan asam.

Secara kimia asam dan basa saling berlawanan. Basa yang larut dalam air disebut alkali.

Jika zat asam menghasilkan ion hidrogen H yang bermuatan positif maka dalam hal ini basa mempunyai arti bahwa ketika suatu senyawa basa di larutkan ke dalam air maka akan terbentuk ion hidroksida OH- dan ion positif menurut reaksi sebagai berikut. LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA Indikator Asam Basa A.

Judul MENGIDENTIFIKASI ASAM BASA DENGAN INDIKATOR ALAM B. Membuat Indikator Asam Basa dari Ekstrak Bahan Alam 2.

Menentukan sifat larutan dengan indikator alami C. Alat bahan yang digunakan - Daun pacar - Kunyit - Jeruk - Deterjen - Larutan cuka asam asetat - Cup - Penyaring - Ulekan - Air C.

Dasar Teori Asam secara umum merupakan. Asam dan basa merupakan zat kimia yang memiliki sifat-sifat yang dapat membantu kita untuk membedakannya.

Laporan praktikum yang kami buat ini masih perlu untuk di perbaikikarena Pada praktikum ini di perlukan ketelitian yang tinggiOleh sebab itu kami mengharapkan saranpendapatmaupun kritikan terhadap laporan. Titrasi asam basa adalah suatu prosedur untuk menentukan kadar pH suatu larutan asambasa berdasarkan reaksi asam basa.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Laporan Praktikum Titrasi Asam Basa mari perhatikan Daftar Isi berikut. Asam dalam ilmu kimia ialah senyawa kimia yang jika dilarutkan dalam air akan menghasilkan sebuah larutan dengan pH lebih kecil dari 7.

Dalam definisi modern asam yaitu suatu zat yang bisa memberi proton ion H kepada zat lain yang disebut basa atau bisa menerima pasangan elektron bebas dari suatu basa. Laporan Praktikum Titrasi Asam Basa Praktikum Titrasi Asam Basa Strandarisasi larutan NaOH pembuatan larutan NaOH titrasi HCl dengan NaOH Laporan Berikut ini merupakan laporan yang admin Laporanpraktikumid susun dari berbagai sumber dan referensi semoga laporan ini dapat membantu pembaca semuanya.

1 Contoh asam kuat HCl asam klorida HI asam iodida HBr asam bromida H 2 SO 4 from AC 01 at Man 2 Kota Probolinggo. Asam Basa dan Garam Bersifat Elektrolit Larutan asam basa dan garam termasuk golongan larutan elektrolit.

Contoh senyawa yang termasuk pada basa yaitu. Dalam teorinya telah disebutkan bahwa asam mempunyai rasa masam sedangkan basa mempunyai rasa pahit.

LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA SIFAT ASAM DAN BASA Laporan Praktikum Larutan Asam Basa Ø Judul Praktikum Mengidentifik. BIODATA DAN PERISTIWA ROLIHLAHLA MANDELA.

Menguji larutan asam basa Membuat indikator buatan Mengukur pH larutan Alat dan bahan Alat. Tabung reaksi Gelas Rak tabung reaksi Pipet tetes Wadah larutan Bahan.

Air Pasta Air kelapa Belimbing wuluh Cuka Sabun Jeruk nipis Pil Kapur Indikator Bunga belimbing wuluh Indikator kunyit Indikator lakmus merah dan biru Indikator universal. Laporan praktikum teklab 1 asam basa 1.

LAPORAN PRAKTIKUM TEKNIK LABORATORIUM Disusun Oleh. KELOMPOK 6 Asa Pratita Aninditya H3116013 Asti Riana H3116014 Ayu Okti Pramita Sari H3116015 Erlita Noviani H3116029 Ester Nita Fajar Karunia H3116030 TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2016 2.

Laporan percobaan adalah teks berisi proses dan hasil percobaan. Selain asam dan basa ada juga benda yang bersifat netral.

Praktikum kimia dasar dengan materi sifat asam dan basa senyawa titrasi asam basa ini dilaksanakan pada hari jumat 30 maret 2012 pukul 1530-1730 WIBBertempat di laboratorium Budidaya Pertanian fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya. Kemudian Basa-basa kuat yaitu basa-basa golongan alkali dan alkali tanah misalnya.

NaOH KOH CaOH2 dan BaOH2. Dan Garam-garam yang mudah larut misalnya.

NaCl KI dan Al2SO43 Beberapa senyawa yang tergolong elektrolit lemah seperti Asam-asam lemah sebagian asam anorganik dan sebagian besar asam organik misalnya. CH3COOH HCN H2CO3 dan.

www.slideshare.net