Makalah Otonomi Daerah

Makalah Otonomi Daerah

Contoh pendahuluan makalah otonomi daerah. Pelaksanaan Otonomi Daerah di Indonesia Sejak diberlakukannya UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah banyak aspek positif yang diharapkan dalam pemberlakuan Undang-Undang tersebut.

Otonomi Daerah memang dapat membawa perubahan positif di daerah dalam hal kewenangan daerah untuk mengatur diri sendiri. Sementara di bawah UU No51974 hanya dikenal Daerah khusus yang secara subtansial memiliki perbedaan mendasar dengan otonomi khususSingkat kata dengan diundangkannya UU No221999 sebagai pengganti UU No5 Tahun 1974 harus diakui telah memberikan gairah dan darah baru bagi penyelenggaraan otonomi daeraheforia otonomi daerah dengan segala dinamikanya terlihat jelas di daerah-daerah.

Penerapan Otonomi Daerah yang efektif memiliki beberapa syarat yang sekaligus merupakan faktor yang sangat berpengaruh bagi keberhasilan Otonomi Daerah yaitu. Manusia selaku pelaksana dari Otonomi Daerah harus merupakan manusia yang berkualitas.

Keuangan sebagai sumber biaya dalam pelaksanaan Otonomi Daerah harus tersedia dengan cukup. Admin disini mencoba membagikan hasil makalah yang bisa mimin bagikan untuk kalian jika ada salah kata didalam makalah mimin mimin minta maaf sebesar-besarnya.

Dengan dua contoh tersebut penulis ingin mengatakan bahwa upaya pemerintah daerah dalam menggali pendapatan daerah di era otonomi ini telah melampaui batas-batas akal sehat. Di satu pihak sebagai warga negara kita harus ikut berpartisipasi dalam proses kebijakan publik dengan menyumbangkan sebagian kemampuan ekonomi yang kita miliki melalui pajak dan retribusi.

Makalah otonomo daerah 1. 1 BAB 1 PENDAHULUAN I.

Latar belakang otonomi daerah Kebijakan otonomi daerah lahir ditengah gejolak tuntutan berbagai daerah terhadap berbagai kewenangan yang selama 20 tahun pemerintahan Orde Baru OB menjalankan mesin sentralistiknya. Makalah pkn otonomi daerah 1.

OTONOMI DAERAH Makalah Ini Ditujukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Disusun Oleh Kelompok 3 Nama Anggota. ARIEF NURUL PUTRA NIM.

DODI RENALDY ALVIN NIM. ERIM APRI PRATAMA NIM.

Demikianlah materi tentang Makalah Otonomi Daerah Lengkap yang sempat kami berikan. Semoga materi yang kami berikan dan jangan lupa juga untuk menyimak materi seputar Makalah Pencemaran Air yang telah kami posting sebelumnya.

Semoga dapat membantu menambah wawasan anda semikian dan terimah kasih. Contoh Makalah Otonomi Daerah adalah makalah yang mungkin anda cari sebagai bahan contoh atau referensi dalam mengerjakan berbagai tugas makalah pelajaran atau mata kuliah yang berhubungan dengan Otonomi Daerah atau mungkin anda sebenarnya sedang mencari referensi contoh makalah lain yang topik pembahasan makalahnya masih berkaitan dan banyak dicari seperti contoh-contoh makalah yang berisi.

Berdasarkan uraian diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa pelaksanaan Otonomi Daerah di Indonesia masih belum optimal. Walaupun di daerah Wonosobo dan Gorontalo terdapat contoh nyata keberhasilan pelaksanaan Otonomi Daerah tetapi kedua daerah tersebut hanya merupakan contoh keberhasilan kecil dari pelaksanaan Otonomi Daerah di Indonesia.

Otonomi Daerah sering disamakan dengan kata desentralisasi karena biarpun secara teori terpisah namun dalam praktiknya keduanya sukar dipisahkan. Desentralisasi pada dasarnya mempersoalkan pembagian kewenangan kepada organ-organ penyelenggara negara sedang otonomi daerah menyangkut hak yang mengikuti.

Dengan dua contoh tersebut penulis ingin mengatakan bahwa upaya pemerintah daerah dalam menggali pendapatan daerah di era otonomi ini telah melampaui batas-batas akal sehat. Di satu pihak sebagai warga negara kita harus ikut berpartisipasi dalam proses kebijakan publik dengan menyumbangkan sebagian kemampuan ekonomi yang kita miliki melalui pajak dan retribusi.

Kedua contoh diatas dapat terjadi berkat adanya Otonomi Daerah di daerah terebut. Pada tahap awal pelaksanaan Otonomi Daerah telah banyak mengundang suara pro dan kontra.

Suara pro umumnya datang dari daerah yang kaya akan sumber daya daerah-daerah tersebut tidak sabar ingin agar Otonomi Daerah tersebut segera diberlakukan. CONTOH JURNAL - Inilah contoh makalah otonomi daerah yang Anda perlukan.

Klik di sini untuk informasi file lengkap contoh makalah otonomi daerah selengkapnya. Otonomi daerah dipandang perlu dalam menghadapi perkembangan keadaan baik dalam dan luar negeri serta tantangan persaingan global.

Otonomi daerah memberikan kewenangan yang luas dan nyata bertanggung jawab kepada daerah secara proposional yang diwujudkan dengan pengaturan pembagian dan kemanfaatan sumber daya nasional serta perimbangan keuangan pusat dan daerah. Pelaksanaan otonomi daerah yang luas dan utuh diletakkan pada daerah kabupaten dan daerah kota sedang pada daerah propinsi merupakan otonomi yang terbatas.

Pelaksanaan otonomi daerah harus sesuai dengan konstitusi negara sehingga tetap terjamin hubungan yang serasi antara pusat dan daerah serta antar daerah. Otonomi Daerah Hakikat Tujuan Prinsip Asas Dasar Hukum Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Otonomi Daerah yang dimana dalam hal ini meliputi hakikat tujuan prinsip asas.

Tujuan Otonomi Daerah Oleh gurupendidikan Diposting pada 13 Januari 2021 14 Januari 2021 Otonomi daerah adalah kewenangan daerah otonom untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. APBD merupakan salah satu contoh otonomi daerah yang sangat jelas karena penyusunan dan pengesahannya sangat erat kaitannya dengan peraturan daerah.

APBD sendiri terdiri dari beberapa komponen yaitu anggaran pendapatan anggaran belanja dan pembiayaan. Pelaksanaan otonomi daerah selain berlandaskan pada acuan hukum juga sebagai implementasi tuntutan globalisasi yang harus diberdayakan dengan cara memberikan daerah kewenangan yang lebih luas lebih nyata dan bertanggung jawab terutama dalam mengatur memanfaatkan dan menggali sumber-sumber potensi yang ada di daerahnya masing-masing.

www.slideshare.net