Penulisan Daftar Pustaka Dan Catatan Kaki

Penulisan Daftar Pustaka Dan Catatan Kaki

Contoh penulisan daftar pustaka dan catatan kaki yang benar. Selain contoh kutipan langsung dan tidak langsung dan contoh kata pengantar cara penulisan daftar pustaka dan tata cara penulisan catatan kaki pun juga mesti diketahui terutama saat menulis karangan ilmiah semi ilmiah dan non ilmiahDengan mengetahui penulisan catatan kaki dan daftar pustaka kita bisa menuliskan bahan referensi yang kita ambil secara baik dan benar. Cara penulisan daftar pustaka dan catatan kaki berbeda.

Daftar pustaka dituliskan pada akhir karangan ilmiah dalam halaman tersendiri sedangkan catatan kaki dituliskan pada tiap lembar halaman yang bersangkutan. Penulisan daftar pustaka memiliki aturan sebagai berikut.

Semua sumber dalam daftar pustaka ditulis dengan nama urutan abjad huruf atau nama pengarang setelah dibalik. Contoh Penulisan Footnote Selamat datang dan selamat bahagia dihalaman ini kita akan bahas tentang catatan kaki atau footnote secara lengkap dan detail seperti apakah.

Simak terus di bawah ini. Catatan kaki adalah daftar keterangan khusus yang ditulis pada bagian paling bawah disetiap lembaran akhir bab karya ilmiah makalah skripsi tesis dll.

Tujuan penulisan catatan kaki footnote adalah untuk menyusun pembuktian sumber tulisan menyatakan utang budi kepada pengarang yang dikutip pendapatnya menyampaikan keterangan tambahan memperkuat uraian intisasi keterangan insidental materi penjelas yang kurang penting perbaikan dan pandangan yang bertentangan dan merujuk bagian lain teks uraian pada halaman lain sebelum atau sesudahnya. Cara Menulis Footnote atau catatan kaki pada makalah skripsi dan karya ilmiah lainnya tentu harus baik dan benar.

Karena penulisan pada karya ilmiah sudah diatur lengkap sesuai dengan peraturan penulisan di Indonesia. Dengan penulisan catatan kaki yang sama maka akan mudah untuk dipahami dan dimengerti oleh pembaca.

Catatan kaki Footnote adalah daftar keterangan khusus yang. Catatan Kaki dan Daftar Pustaka.

Pengertian Penulisan dan Contoh Pasti ada yang bertanya mengapa dalam buku cerita terdapat tulisan seperti berbentuk daftar pustaka. Kita pastinya pernah mengira bahwa tulisan tersebut tidak memberikan makna terhadap teks yang kita baca.

Penulisan kutipan catatan kaki dan daftar pustaka yang baik dan benar sesuai dengan kaidah bahasa indonesia harus diketahui terlebih dahulu sebelum melakukan penulisan karangan ilmiah. Sebagian besar orang belum memahami dan mempelajari tentang kutipan catatan kaki dan daftar pustaka bahkan mengabaikan tata cara penulisannya karena dianggap tidak begitu penting.

Dibawah ini ada beberapa contoh penulisan yang dapat kita pahami sebelum membuat sebuah Catatan Kaki sebagai berikut. Contoh 1 Sampai 3 Pengarang.

Deru Campur Debu Jakarta. Pustaka Indonesia 1992 Halaman 9.

Abdul Kholik Bagus Kuncoro Rapi Armad. Balik lagi dengan saya disini ehehe.

Kali ini saya akan menjelaskan secara umum tentang pengutipan daftar pustaka dan catatan kaki yang baik dan benar. Yuk simak Pengutipan Kutipan adalah pengambilan satu kalimat atau lebih dari suatu karya tulisan lain untuk tujuan ilustrasi atau memperkokoh argumen dalam tulisan sendiri.

KUTIPAN Pengertian Kutipan adalah gagasan ide pendapat yang diambil dari berbagai sumber. Proses pengambilan gagasan itu disebut mengutip.

Gagasan itu bisa diambil dari kamus ensiklopedi artikel laporan buku majalah internet dan lain sebagainya. Penulisan sumber kutipan ada yang menggunakan pola Harvard ada pula yang menggunakan pola konvensional atau catatan kaki footnote.

Daftar pustaka adalah suatu daftar yang berisi buku makalah jurnal dan lain sebagainya yang isinya dikutip langsung ataupun tidak langsung ke dalam suatu karangan Sedangkan catatan kaki adalah suatu catatan dari teks yang dikutip yang biasanya diletakkan di bawah karangan. Banyak diantara kita yang masih kurang memahami bagaimana sistematika penulisan catatan kaki footnote yang baik dan benar.

Untuk itu contoh dan cara membuat catatan kaki footnote berikut ini mungkin bisa sedikit bermanfaat untuk kamu yang membutuhkan. Catatan kaki tak dapat diremehkan dari sebuah karya ilmiah ataupun karya tulis sebagai bukti keaslian kutipan atau pernyataan yang dikemukakan.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian fungsi jenis-jenis dan tata cara penulisan catatan kaki yang baik dan benar dalam bahasa Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat.

Ranupandoyo Heidjrachman dan Suad Husnan Manajemen Personalia Yogyakarta. Heidjrachman Ranupandoyo dan Suad Husnan Manajemen Personalia Yogyakarta.

B Soal Nomor 2 Penulisan daftar pustaka yang tepat untuk buku berjudul Komposisi karangan Gorys Keraf diterbitkan oleh Nusa Indah di Ende Flores tahun 1985 ialah. Penulisan kutipan catatan kaki dan daftar pusaka yang baik dan benar sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia harus diketahui terlebih dahulu sebelum melakukan penulisan karangan ilmiah.

Sebagian besar orang belum memahami dan mempelajari tentang kutipan catatan kaki dan daftar pustaka bahkan mengabaikan tata cara penulisannya karena dianggap tidak begitu penting. Daftar pustaka dan footnote atau catatan kaki pada dasarnya adalah dua hal yang hampir serupa namun berbeda.

Jadi kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan antara daftar pustaka dan catatan kaki. Daftar pustaka adalah kumpulan daftar list referensi Artikel buku dan sumber ilmiah lainnya yang digunakan dalam penyusunan sebuah karangan.

Penulisan daftar pustaka yang diambil dari koran atau surat kabar. Jadilah Perempuan yang Kuat Untukku Kompas Rabu 27 Mei 2009.

Sekaligus Menghibur Melawan Kejahatan di Papua Tempo 26 Juni 2009. Penulisan daftar pustaka yang diambil dari buku dan Jika penulisnya lebih dari tiga orang.

Tujuan penulisan catatan kaki adalah untuk menyusun pembuktian sumber tulisan menyatakan utang budi kepada pengarang yang dikutip pendapatnya menyampaikan keterangan tambahan memperkuat uraian intisasi keterangan insidental materi penjelas yang kurang penting perbaikan dan pandangan yang bertentangan dan merujuk bagian lain teks uraian pada halaman lain sebelum atau sesudahnya. Dalam penulisan baris terakhir catatan kaki berjarak 3 cm dimulai dari bawah.

Memberi jarak atau space yang sama antara catatan kaki yang pertama dengan catatan kaki yang kedua dan catatan kaki selanjutnya. Jika penulisan tidak tidak berurutan maka tulis op.

Untuk keterangan yang sama dan berurutan ditulis dengan kata ibid. Ditulis Loccit artinya merujuk buku yang sama dan halaman yang sama dari catatan kaki sebelumnya yaitu sumber Steven P.

Lab pada catatan kaki 3. Nitibaskara Opcit hlm 100 artinya mengutip kembali sumber yang sama yaitu TRR.

Nitibaskara dengan merujuk halaman yang sama atau halaman yang lain dalam contoh di atas dirujuk halaman yang lain yaitu halaman.

www.slideshare.net