Makalah Laporan Keuangan Dan Pengukuran Kinerja Sektor Publik 8

Makalah Laporan Keuangan Dan Pengukuran Kinerja Sektor Publik 8

Laporan keuangan akuntansi sektor publik. Adalah informasi akuntansi yang berupa laporan keuangan. Sektor publik merupakan organisasi yang kompleks dan heterogen yang menyebabkan kebutuhan informasi untuk perencanaan dan pengendalian manajemen lebih bervariasi.

Tidak sebatas informasi finansial saja tetapi juga informasi non finansial. Laporan Keuangan Sektor Publik.

Laporan Keuangan Sektor Swasta. Fokus finansial dan politik.

Kinerja diukur secara finansial dan non-finansial. Pertanggungjawaban kepada parlemen dan masyarakat luas.

Berfokus pada bagian organisasi. Melihat ke masa depan secara detail.

Aturan pelaporan ditentukan oleh departemen keuangan. Laporan diperiksa oleh.

MAKALAH AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK LAPORAN KEUANGAN SEKTOR PUBLIK Disusun Oleh. Septiawan Yunanto W 31401305072 2.

Widi Astuti 31401305122 4. Winda Ardiani 31401305125 5.

Selanjutnya untuk komponen keuangan sektor publik adalah kinerja keuangan yang meliputi surplus atau defisit perubahan aktiva atau ekuitas netto arus kas yang memberikan informasi mengenai pemasukan dan pengeluaran keuangan dalam suatu periode tertentu kebijakan akuntansi serta catatan laporan keuangan. Laporan arus kas banyak dipakai dalam akuntansi bisnis namun sebagai tambahan atas laporan pendapatan dan laporan posisi keuangan.

Ada satu buku yang sangat penting dan berharga mengenai akuntansi arus kas bagi dunia usaha Lee 1984 yang menyatakan bahwa laporan akuntansi akrual tradisional terlalu subjektif dan menyembunyikan informasi penting tentang kinerja organisasi. Tuntutan yang besar terhadap akuntabilitas publik berimplikasi pada manajemen publik untuk memberi informasi kepada publik salah satunya adalah informasi akuntansi yang berupa laporan keuangan.

Sektor publik merupakan organisasi yang kompleks dan heterogen yang menyebabkan kebutuhan informasi untuk perencanaan dan pengendalian manajemen lebih bervariasi. Akuntansi sektor publik memiliki peran penting untuk menyiapkan laporan keuangan sebagai salah satu bentuk pelaksanaan akuntabilitas publik.

Akuntansi dan laporan keuangan mengandung pengertian sebagai suatu proses pengumpulan pengolahan dan pengkomunikasian informasi yang bermanfaat untuk pembuatan keputusan dan untuk menilai kinerja organisasi. Assalamualaikum wr wbhaii semuaaAnnisa Adawiyah185020078Akuntansi Sektor Publik.

UTS S PTROU Page 2 sektor publik akuntansi publik pun ikut berkembang dengan pesat. Hal ini tampak pada dua dasawarsa terakhir istilah akuntabilitas publikvalue for money reformasi sektor publik privatisasi good publik governance yang begitu cepat masuk ke kamus sektor publik.

Jelaskan pula bagaimanakah melakukan inteprestasi laporan keuangan sektor publik. Laporan keuangan organisasi sector publik merupakan komponen penting untuk menciptakan akuntabilitas sector publik adanya tuntutan yang semakin besar terhadap pelaksanaan akuntabilitas publik menimbulkan implikasi bagi manajeman sector publik untuk memberikan informasi kepada publik.

Akuntansi sektor publik memiliki tugas utama untuk menyiapkan laporan keuangan sektor publik sebagai salah satu bentuk pelaksanaan akuntansi publik. Di sisi internal organisasi laporan ini memiliki manfaat sebagai alat pengendalian dan evaluasi kinerja manajerial sebuah organisasi.

Akuntansi sektor publik adalah sebagai akuntansi dana masyarakat yang selanjutnya dapat diartikan sebagai mekanisme teknik dan analisis akuntansi yang diterapkan pada pengelolaan dana masyarakat dilembaga-lembaga tinggi negara dan departemen-departemen di bawahnya pemerintah daerah BUMN BUMD LSM dan yayasan sosial maupun pada proyek-proyek kerjasama sektor publik swasta. Laporan posisi keuangan pada awal periode komparatif yang disajikan saat emiten atau perusahaan publik menerapkan suatu kebijakan akuntansi secara retrospektif atau membuat penyajian kembali pos-pos laporan keuangan atau ketika emitan atau perusahaan publik mereklasifikasi pos-pos dalam laporan keuangan.

Pada Tabel 3 terdapat 12 item pertanyaan tentang penerapan akuntansi keuangan sektor publik. Dari keduabelas indikator tersebut terdapat indikator pertanyaan yang lemah dan marginal nilai koefisien korelasinya yaitu item pertanyaan nomor 1 2 3 7 dan 8.

Standar akuntansi keuangan sektor publik adalah suatu standar penyusunan laporan pencatata pembukuan dan pelaporan keuangan dari organisasi atau institusi yang bergerak di sektor publik. Standar akuntansi keuangan sektor publik sebenarnya tidak hanya ditujukan kepada instansi-instansi pemerintahan tetapi juga kepada organisasi non pemerintah dan organisasi non profit lainnya.

Pendidikan yang diberikan perlu disesuaikan dengan perkembangan sistem akuntansi termasuk bagaimana meningkatkan kemampuan para akuntan yang sudah bekerja saat ini mengingat standar akuntasi dan pemeriksaan keuangan terus berubah kata SamiaKedua menerapkan aturan akuntansi sesuai dengan Undang-undang yang disahkan khususnya bagi perusahaan publik dan perusahaan yang. Menurut Standar Akuntansi Pemerintahan yang dijabarkan dalam Peraturan Pemerintah No.

24 Tahun 2005 dan UU No. 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara mensyaratkan setiap instansi pemerintahan harus menyusun laporan keuangan sebagai berikut.

Laporan Keuangan Pemerintah terdiri dari Laporan Realisasi Anggaran LRA Neraca Laporan Arus Kas dan disertai Catatan Atas Laporan Keuangan CALK. Akuntansi sektor publik yaitu proses analisis pengumpulan dan mengklarifikasi serta membuat laporan keuangan dalam lembaga publik.

Nah laporan keuangan tersebut akan dibutuhkan oleh pihak yang membutuhkannya seperti halnya masyarakat dalam lembaga swadaya masyarakat. Akuntansi sektor publik adalah suatu proses pengumpulan pencatatan pengklasifikasian analisis dan pembuatan laporan keuangan untuk suatu organisasi publik yang menyajikan informasi keuangan kepada pihak yang memerlukan.

Laporan Keuangan Sektor Publik di Indonesia Pada dasarnya laporan keuangan sektor publik muncul karena adanya tuntutan akuntabilitas kinerja yang harus dilaporkan oleh sebuah organisasi publik. Rangkaian proses akuntansi pada organisasi sektor publik memiliki peran penting untuk menghasilkan laporan keuangan.

www.slideshare.net

Related Image with Laporan Keuangan Akuntansi Sektor Publik