Laporan Fermentasi Pembuatan Yoghurt

Laporan Fermentasi Pembuatan Yoghurt

Laporan praktikum bioteknologi pembuatan yogurt. PEMBUATAN YOGHURT Laporan Praktikum Pengolahan Hasil Ternak Oleh. Kelompok 3 Atikah Zahra Sri Ramadhani 1114141011 LABORATORIUM PRODUKSI TERNAK JURUSAN PETERNAKAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS LAMPUNG 2013 1 KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya sehingga penulis berhasil menyelesaikan laporan ini yang alhamdulillah tepAt.

LAPORAN PRAKTIKUM PEMBUATAN YOGHURT. Bioteknologi berbasis fermentasi sebagian besar merupakan proses produksi barang dan jasa dengan menerapkan teknologi fermentasi atau yang menggunakan mikroorganisme untuk memproduksi makanan dan minuman seperti.

Keju yoghurt minuman beralkohol cuka sirkol acar sosis kecap dll. Dari percobaan ini dapat disimpulkan bahwa pembuatan yogurt dapat dilakukan dengan memberikan bakteri asam laktat pada susu.

Bakteri-bakteri tersebut akan mengubah laktosa menjadi asam laktat sehingga susu berubah tekstur menjadi kental dan rasa menjadi asam. Laporan Praktikum Pembuatan Sauerkraut dan Pikel.

Diakses pada 19. Home Laporan Praktikum Bioteknologi LAPORAN PRAKTIKUM BIOTEK PEMBUATAN YOGHURT.

By Unknown Sunday February 5 2017 Laporan Praktikum Bioteknologi. LAPORAN PRAKTIKUM BIOTEK PEMBUATAN YOGHURT Hai sobat biologi kali ini saya akan bagiin buat kamu laporan praktikum Pembuatan Yoghurt semoga bermanfaat yah.

Maka dari itu kami melakukan praktikum pembuatan yoghurt agar dapat menghasilkan produk olahan susu fermentasi yang bergizi dan tahan lama. Pembatasan masalah dalam laporan ini adalah.

Agar pembatasan masalah dalam praktikum ini memiliki ruang lingkup yang jelas maka pembatasan masalahnya adalah. Laporan praktikum pembuatan yoghurt 1.

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Produk industri pengolahan susu Indonesia pada umumnya masih berorientasi ke pasar dalam negeri yang dihasilkan oleh peternak dan produsen susu yang sebagian besar termasuk dalam golongan industri kecil dan menengah.

Laporan fermentasi pembuatan yoghurt 1. LAPORAN PRAKTIKUM Proses Pembuatan Fermentasi Yoghurt XII IPA 3 Elvininda Ervita Ningrum Khanifah Derita Prehastuti Rahmi Maulidya Putranty Sarwan Aliefdiansyah Khusairi Tri Sulistiyowati SMAN 3 SINGKAWANG 2.

Lactobacillus bulgaricus adalah bakteri gram positif berbentuk batang dan tidak membentuk endospora. Dalam susu Lactobacillus bulgaricus akan mengubah laktosa menjadi asam laktatBakteri ini bersifat termodurik dan homofermentatif dengan suhu optimum untuk pertumbuhannya sekitar 45 derajat Celcius.

Oleh karena itu saya menulis makalah ini agar para pembaca dapat mengetahui cara pembuatan yogurt manfaat dari yoghurt dan mau mengkosumsinya. Fermentasi merupakan bentuk tertua dari bioteknologi Minuman ber alkohol bir anggur tuak Makanan ter fermentasi keju yogurt tape tempe petis terasi.

Pembuatan yoghurt selain menggunakan bahan baku susu sapi masih diperlukan bahan lainnya sebagai penunjang. Berikut ini uraian kebutuhan bahan dan keterangan fungsinya.

Susu sapi yang digunakan haruslah bermutu baik terutama dari Segi mikrobiologinya. Susu skim berfungsi sebagai pengental dan memperbaiki tekstur yoghurt.

Laporan Praktikum Bioteknologi. Pembuatan Yoghurt BAB I PENDAHULUAN 11 LatarBelakangMasalah Fermentasi merupakan bentuk tertua dari bioteknologi Minuman beralkohol bir anggu.

LAPORAN PRAKTIKUM SAUERKRAUT ASINAN JERMAN. Wednesday January 4 2017.

LAPORAN PRAKTIKUM BIOTEKNOLOGI PEMBUATAN TAPAI TAPE. Laporan Praktikum Bioteknologi - Scribd Laporan Praktikum Bioteknologi.

BAB I PENDAHULUAN 11 LatarBelakangMasalah. Berupa video pembelajaran praktikum IPA untuk Bioteknologi Konvensional pembuatan yogurt.

Apakah sobat mendapat tugas kelompok atau perorangan tentang produk bioteknologi konvensional dari gurumu. LAPORAN PRAKTIKUM BIOTEKNOLOGI Bioteknologi Produksi Makanan Tradisional Pembuatan Yoghurt Mengetahui Kualitas Hasil Pembuatan Yoghurt Berdasarkan Jenis Starter Yoghurt jenis bakteri yang digunakan dalam fermentasi cara pembuatan dan cara penyimpanan setelah fermentasi.

Kegagalan pembuatan yogurt merupakan peristiwa yang umum terjadi. Sebab-sebab kegagalan dan cara mengatasinya dapat dilihat pada Tabel 34.

Apabila masih mengalami kegagalan maka perlu diperhatikan penggantian bahan yang dicurigai membuat gagal baik dari susu atau bibitnya dengan yang baru dari tempat atau sumber lain. Bioteknologi dalam Pembuatan Youghurt.

Yoghurt atau yogurt adalah dairy product yang dihasilkan melalui fermentasi bakteri pada susu. Berbagai jenis susu dapat digunakan untuk membuat yoghurt tapi produksi yoghurt yang modern kini didominasi oleh susu sapi.

Pembuatan yoghurt menggunakan mikroorganisme. Oleh karena itu pembuatannya harus benar-benar steril karena proses pembuatan yoghurt rentan dengan kontaminasi mikroorganisme lainnya terutama yang merugikan dan berbahaya sehingga dilakukan praktikum bioteknologi mengenai proses pembuatan yogurt.

Bioteknologi konvensional merupakan bioteknologi yang memanfaatkan mikroorganisme untuk memproduksi alkohol asam asetat gula atau bahan makanan. Salah satu contoh penerapan bioteknologi konvensional adalah dalam pembuatan Yoghurt.

Bioteknologi terbag menjadi 3 yaitu bioteknologi menggunakan mikroorganisme kultur jaringan dan rekayasa genetika. Bioteknologi yang menggunkan mikroorganisme seperti bakteri khamir dan kapang antara lain penemuan dan penyelesaiaan masalah pangan obat-obatan pembasmi hama tanaman pencemaran pemisahan logam dari biji logam.

Pembuatan Pulp Kertas pulp Rayon dan Papan serat dari berbagai umur dan jenis kayu. Industri Papan Serat Prospek dan Masalahnya.

Plywood and Other Wood Based Panels. Laporan Proyek Penelitian Teknik Pengolahan Resin Bambu dan Dekstrin.

www.slideshare.net