Makalah Penerapan Nilai Nilai Pancasila Dalam Penyelenggaraan Negara

Makalah Penerapan Nilai Nilai Pancasila Dalam Penyelenggaraan Negara

Makalah penerapan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila dapat dijadikan dasar dalam motivasi dalam sikap tingkah laku dan perbuatan hidup bermasyarakat berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional yaitu memajukan kesejahteraan umum mencerdaskan kehidupan berbangsa serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan. Untuk merefiu kembali ingatan kita mengenai implementasi nilai-nilai dalam setiap sila Pancasila yang kita jadikan sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara itulah yang melatar belakangi pembuatan makalah ini.

Adapun judul dari makalah ini yaitu implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari. Makalah pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara MAKALAH PANCASILA DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA.

Ayu nurdinul khaq 3. PROGRAM STUDI S1 ILMU GIZI.

Penerapan nilai-nilai Pancasila di masa sekarang ini sudah baik karena butir-butir dari 5 sila Pancasila seperti yang telah kita ketahui membawa kita ke jalan yang benar dimana penerapan nilai-nilai Pancasila itu akan membawa pengaruh yang baik dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Nilai-nilai Pancasila itu akan tetap ada di.

Nilai nilai keadilan atau nilai yang tertuang dalam sila ke-5 mempunyai Konsekuensi nilai-nilai keadilan yang harus terwujud dalam kehidupan bersama antara lain keadilan distributif keadilan legal keadilan komulatif. Selain itu pancasila mempunyai beberapa kelebihan dan kelemahan.

Puji dan Syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga kami dapat menyusun makalah ini dengan baik dan benar serta tepat pada waktunya. Dalam makalah ini akan dibahas mengenai Implementasi Nilai nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari- hari di Masyarakat.

Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa dasar negara Republik Indonesia dan sebagai ideologi nasional. Seluruh warga negara kesatuan Republik Indonesia sudah seharusnya mengetahui mempelajari mendalami dan mengembangkannya serta mengamalkan Pancasila dalam kehidupan seharihari dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara sesuai dengan kemampuan masing-masing individu.

Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta.

Panca berarti lima dan sila berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Perlunya pengamalan Pancasila secara nyata dalam kehidupan sehari-hari melalui penataran atau sertifikasi Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila P4 di seluruh lembaga pendidikan baik formal maupun nonformal agar lebih tertanam rasa cinta tanah air bangsa dan negara bahkan selalu siap dalam usaha bela negara. Dalam pembukaan Undang-undang Dasar UUD 1945 sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia NKRI disebutkan kedudukan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia.

Ideologi Pancasila harus dilaksanakan secara berkesinambungan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Berdasarkan uraian dan wawancara tentang implementasi Pancasila penulis ingin memberikan saran-saran sebagai berikut.

Dalam m enjalankan nilai-nilai yang terkandung dalam P ancasila tidak hanya teoristis tetapi harus ada bukti nyata yang kita lakukan untuk masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan dalam mengamalkan nilai-nilai P. Kunci dalam pengimplementasian Pancasila dalam kehidupan bernegara dan berbangsa di Indonesia adalah harus adanya integrasi nilai-nilai yang ada dalam Pancasila kedalam seluruh aspek kehidupan di masyarakat yaitu sistem pendidikan sistem politik pertahanan keamanan sistem ekonomi dan kehidupan sosial berbangsa dan bernegara.

MAKALAH PANCASILA DALAM ARUS SEJARAH BANGSA INDONESIA Get link. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tidak lepas dari sebuah tatanan tingkah laku kehidupan yang sesuai dengan karakter dan kepribadian bangsa Indonesia.

Oleh sebab itu peranan pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara memiliki pengaruh yang sangat besar dalam tatanan bangsa dan negara. Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari dan Kerangka Pemerintahan Indonesia.

T api dalam penerapan nilai Pancasila terdapat masalah. Pentingnya Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara NilaiNilai Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup.

Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia mempunyai ciri khas atau karakteristik tersendiri yang berbeda dari ideologi lain yang ada di dunia. Makalah ini dibuat agar kita senantiasa mencintai menghayati dan mengaktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari terutama di lingkungan kampus.

Sehingga kelak saat kita terjun ke masyarakat kita akan menjadi manusia Pancasila yakni manusia yang selalu berpedoman teguh pada Pancasila. Dalam aktualisasi Pancasila ini penjabaran nilai-nilai Pancasila dalam bentuk norma-norma dijumpai dalam bentuk norma hukum kenegaraan dan norma-norma moral.

Sedangkan realisasinya dikaitkan dengan tingkah laku semua warga negara dalam masyarakat berbangsa dan bernegara serta seluruh aspek penyelenggaraan negara. Kemudian penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara dipandang dari segi norma hukum.

Norma hokum adalah suatu pedoman hidup atau petunjuk hidup baik tertulis maupun tidak tertulis yang berisi perintah dan langgaran imperative dan perbuatan yang diperbolehkan fakultatif untuk mengatur perbuatan seseorang dalam pergaulan hidup bermasyarakat yang. Pancasila terbuka dengan ideologi lain yang ada c.

9 pancasila sebagai way of life dalam kehidupan berbangsa bernegara dan bermasyarakat. Pada pertemuan keluarga dalam rangka merayakan hari raya saya.

Tidak melakukan diskriminasi pada teman atau orang lain. Materi makalah contoh penerapan nilai nilai pancasila dalam kehidupan sehari.

www.slideshare.net

Related Image with Makalah Penerapan Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara